Mohon tunggu...
Luna Septalisa
Luna Septalisa Mohon Tunggu... Administrasi - Pembelajar Seumur Hidup

Nomine Best in Opinion 2021 dan 2022 | Penulis amatir yang tertarik pada isu sosial-budaya, lingkungan dan gender | Kontak : lunasepta@yahoo.com

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Artikel Utama

5 Tipe Pengemudi Tidak Cerdas Berlalu Lintas yang Sering Ditemukan di Jalan Raya

7 November 2022   12:18 Diperbarui: 13 November 2022   01:00 1115
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
ilustrasi mengemudikan kendaraan di jalan raya-photo by Wallace Chuck from pexels

Jalan raya adalah fasilitas umum, di mana berbagai jenis dan karakter manusia berlalu lalang untuk memenuhi kepentingan masing-masing. 

Jalan raya bisa menjadi laboratorium sosial yang unik dan menarik. Bisa juga menjadi saksi bisu atas terjadinya suatu tragedi. 

Mengutip dari nasional.tempo.co, saat pembukaan event Forum Polantas ASEAN 2017 bertajuk Kerja Sama Global untuk Menciptakan Keselamatan Berlalu Lintas di Negara-Negara ASEAN pada 2017 lalu.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengungkapkan tingkat kecelakaan lalu lintas di Indonesia termasuk tinggi di kawasan Asia Tenggara. Jumlah korban kecelakaan pun lebih tinggi dari jumlah korban akibat terorisme, bencana tsunami dan bencana banjir. 

Sementara itu, data Kepolisian Republik Indonesia mencatat bahwa di Indonesia, rata-rata 3 orang meninggal setiap jam akibat kecelakaan jalanan. Sebagian besar atau sebanyak 61% disebabkan oleh faktor manusia, yaitu terkait dengan kemampuan dan karakter pengemudi. 

Masalahnya bukan pada pengemudi yang tidak bisa mengemudikan kendaraannya, melainkan pada etika berlalu lintas sebagian besar masyarakat Indonesia yang naudzubillah

Kelakuan mereka kadang bikin saya bertanya-tanya apa hukumnya menempeleng orang yang menganggap jalan raya macam tanah milik bapaknya. 

Nah, daripada mukadimah ini makin ngelantur kemana-mana, mending langsung ke intinya, yaitu tentang tipe-tipe pengemudi yang tidak cerdas berlalu lintas yang sering ditemukan di jalan raya. 

1. Berkendara secara ugal-ugalan

Pengemudi bodoh tipe ini memperlakukan jalan raya macam arena balap. 

Kendaraan digeber dengan kecepatan tinggi. Meliuk-meliuk, nyasak-nyasak di antara dua kendaraan yang lebih besar pula. Pokoknya ngeri deh!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun