Mohon tunggu...
Luna Septalisa
Luna Septalisa Mohon Tunggu... Administrasi - Long-life learner

Lahir 1 September 1994 | Perempuan Introvert | Suka membaca, menulis, dengar musik, berenang | Amatiran yang masih belajar menulis | kunjungi : https://lunaseptalisa.wordpress.com/ (blog pribadi) | email : lunasepta@yahoo.com

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Selamat Datang Usia 27, Semoga Tidak Bernasib Seperti Anggota Klub 27

1 September 2021   12:06 Diperbarui: 1 September 2021   12:09 271 26 15
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
ilustrasi musisi dunia yang meninggal di usia 27 tahun | gambar diunduh dari jogja.tribunnews.com

Selamat datang usia 27!

Dalam dunia hiburan, mitos tentang Klub 27 (Club 27) merujuk pada fenomena meninggalnya musisi dan pesohor dunia pada usia 27 tahun. Awal mula penamaan ini terjadi pada tahun 1970 (iya, saya belum lahir) ketika Ratu Rock & Roll, Janis Joplin, meninggal akibat overdosis heroin. Kematiannya itu hanya berselang dua minggu setelah kematian Jimi Hendrix yang bunuh diri dengan barbiturat. Keduanya meninggal dunia pada usia 27 tahun.

Setahun kemudian, musisi Jim Morrison meninggal dunia di usia yang sama akibat bunuh diri.

Kematian para legenda yang terjadi beruntun dalam waktu singkat itulah yang menjadi inti gagasan terciptanya Klub 27.

Pada tahun-tahun setelahnya, muncul juga musisi-musisi lain yang meninggal dunia di usia 27 tahun seperti Brian Jones (1938), Robert Johnson (1938), Kurt Cobain (1994), Amy Winehouse (2001) hingga Idol K-Pop Jonghyun SHINee (2017).

Motif kematian mereka memang beragam, tapi satu kesamaan, yaitu kematian pada usia 27 tahun, rupanya menimbulkan pertanyaan tentang kebenaran di balik mitos Klub 27.

Lalu, apa hubungannya dengan artikel ini? Apakah penulisnya punya niat bunuh diri biar bisa gabung dalam Klub 27 bersama para legenda tersebut?

Oh, tentu saja tidak. Tapi doakan saja semoga artikel yang Anda baca ini bukanlah artikel terakhir yang penulis tulis.

Ngomong-ngomong, apa sih yang akan terjadi pada seseorang di usia 27? Tambah tua, pasti. Semakin mendekati usia 30 tahun atau menuju late 20's, jelas. Kontrak hidupnya di dunia semakin berkurang, tentu saja.

Kalau kata peneliti di Trust Alzheimer dalam BBCnews, di usia 27 tahun,tubuh seseorang secara alamiah mengalami kemunduran mental yang tak terelakkan secara biologis. Lebih lanjut, penurunan hingga gangguan mental dapat menimbulkan potensi depresi, seperti perasaan sedih, gelisah dan hampa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan