Mohon tunggu...
Luna Septalisa
Luna Septalisa Mohon Tunggu... Long-life learner

Lahir 1 September 1994 | Perempuan Introvert | Suka membaca, menulis, dengar musik, berenang | Amatiran yang masih belajar menulis | kunjungi : https://lunaseptalisa.wordpress.com/ (blog pribadi) | email : lunasepta@yahoo.com

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Artikel Utama

Gaya Hidup Minimalis untuk Kesehatan Finansial yang Lebih Baik

28 November 2020   20:39 Diperbarui: 29 November 2020   01:47 1581 45 12 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Gaya Hidup Minimalis untuk Kesehatan Finansial yang Lebih Baik
Ilustrasi gaya hidup minimalis (Sumber: www.shutterstock.com)

Tren gaya hidup minimalis mulai digandrungi akhir-akhir ini. Gaya hidup minimalis atau minimalisme adalah gaya hidup yang mendorong publik untuk mengurangi ikatan mereka dengan harta duniawi, yaitu materialisme. 

Jadi, dapat dikatakan bahwa gaya hidup minimalis adalah suatu bentuk perlawaan terhadap arus konsumerisme dimana pelakunya akan membatasi diri dari membeli, memiliki atau mengonsumsi sesuatu secara berlebihan. 

Adalah Marie Kondo atau biasa dikenal sebagai Konmari, seorang konsultan tata ruang, penulis dan penyiar acara TV Jepang yang namanya kerap disebut sebagai orang yang mempopulerkan gaya hidup minimalis. 

Melalui metodenya yang dikenal sebagai KonMari Method, ia banyak memberikan tips merapikan barang-barang di rumah, mulai dari pakaian, buku, dokumen, perabotan, area dapur, kamar mandi, garasi dan sebagainya. 

Hal inilah yang membuatnya mendapat predikat sebagai "the tidiest woman in the world" dan ahli organizing serta decluttering terkenal. 

Namanya pun beberapa kali masuk dalam media-media lokal maupun internasional, seperti Time Magazines, The New York Times, The Wall Street Journal, Vogue Magazines dan sebagainya.

Secara tidak langsung gaya hidup minimalis membuat kita lebih hemat tenaga, waktu dan biaya karena kita tidak dipusingkan dengan merawat banyak barang. Selain itu, gaya hidup minimalis ternyata juga mengajarkan kita untuk lebih bersyukur dan merasa cukup dengan apa yang kita miliki. 

Lalu, apa saja gaya hidup minimalis yang dapat diterapkan untuk membuat kondisi keuangan lebih sehat? 

1. Mulailah dari lemari pakaian Anda

ilustrasi lemari pakaian-pexels.com
ilustrasi lemari pakaian-pexels.com

Coba deh sekali-sekali ketika Anda punya waktu luang, bongkar isi lemari Anda. Adakah baju-baju yang sudah lama tidak Anda gunakan? 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x