Mohon tunggu...
Luqman Aryowidi
Luqman Aryowidi Mohon Tunggu... Just a passionate geek

Video Game, Comics, Movie, Football and Pro Wrestling Enthusiast

Selanjutnya

Tutup

Balap Pilihan

F1 Hungaroring GP 2020: Drama di PitLane, Magis Verstappen, dan Hamilton Dominan

20 Juli 2020   15:24 Diperbarui: 20 Juli 2020   15:24 15 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
F1 Hungaroring GP 2020: Drama di PitLane, Magis Verstappen, dan Hamilton Dominan
Hamilton menjuarai Hungaroring GP 2020 sekaligus menyamai rekor M.Schumacher sebagai pemenang 8 kali di Hungaroring GP./Sumber Gambar : www.formula1.com

Lewis Hamilton berhasil menjuarai GP Hungaroring 2020 di ronde ke-3 balap F1. Meskipun di lap 5-7 adanya drama di PitLane, pembalap asal Britania Raya mampu mendominasi dengan selisih waktu 5 detik dengan pembalap muda Max Verstappen. Namun, Hamilton sudah menduduki peringkat 1 pada lap 10 dengan selisih waktu 45 detik dari peringakat ke-2. Di awal balapan, kondisi track cukup lembab sehingga para pembalap dipaksa menggunakan ban tipe "Wet-Intermediate" untuk mencegah terjadinya pergelinciran sekaligus mengendalikan perfoma laju mobil seoptimal mungkin. 

Memasuki lap ke 3 hingga 5, seluruh pembalap akhirnya mengganti ban menjadi varian tipe "Dry", yang akhirnya menimbulkan trafik di pitlane. Nicholas Latifi, rookie dari tim Williams Racing, menjadi pembalap pertama yang mengalami kerusakan di ban belakang yang diakibatkan tindakan cerobohnya sehingga mengalami benturan dari pembalap asal tim Mclaren, Carlos Sainz. Piere Gasly dari tim Scuderia AlphaTauri menjadi satu-satunya pembalap yang terpaksa berhenti karena  mesin dari tim sister club Red Bull mengalami masalah teknis.

Meskipun mengalami masalah krusial sebelum balapan, Verstappen mampu finish di posisi ke-2./Sumber Gambar : www.motorsport.com
Meskipun mengalami masalah krusial sebelum balapan, Verstappen mampu finish di posisi ke-2./Sumber Gambar : www.motorsport.com
Drama juga terjadi di peringkat 2 hingga 10, setelah sebelumnya mengalami kerusakan di bagian sayap depan sebelum balapan dimulai, Max Verstappen akhirnya mampu finish di posisi ke 2 walaupun ada gertakan terakhir dari rekan satu tim Hamilton, Valteri Bottas, yang akhirnya finish di posisi ke-3. Hal yang serupa dengan rekan Verstappen, Alex Albon yang mempunyai masalah dalam sistem mesin walaupun akhirnya pembalap keturunan Thailand-Inggris berhasil menduduki di posisi 5. 

Meskipun diawali dengan start yang menjanjikan, duo Sebastian Vettel dan Charles Leclerc dari Scuderia Ferrari sekali lagi dikecewakan dengan kondisi mobilnya yang sejak awal musim selalu mengalami masalah dan harus finish di posisi 11 untuk Leclerc dan 6 untuk Vettel.  Perfoma dari tim papan tengah seperti Racing Point, Mclaren dan Renault secara mengejutkan berhasil  mengalahkan  duo Ferrari dan menduduki di peringkat 4 dan 7 untuk duo Racing Point, Lance Stroll dan Sergio Perez.

Sedangkan duo Mclaren, Carlos Sainz di peringkat 9 dan Lando Norris di peringkat 13.  Sedangkan duo Renault, Daniel Ricciardo dan Estaban Ocon tetap konsisten di tabel "midfield", posisi 8 untuk Ricciardo dan 14 untuk Ocon. Walaupun performa di hasil kualifikasi dan start yang menjanjikan, tim AlphaTauri, Haas Racing dan Williams terpaksa finisih di posisi 10 kebawah bersama dengan tim Alfa Romeo

Kemenangan di GP Hungaroring menjadi kemenangan ke 2 bagi Hamilton di musim ini. Hasil dari GP Hungaroring sekaligus pembalap dari Mercedes naik dan menduduki peringkat pertama di tabel drivers, sekaligus menyamai rekor dengan Michael Schumacher sebagai pembalap yang sama sama 8 kali menjuarai GP Hungaroring. 

Melihat dari performa Hamilton di GP kali ini, sangat jelas dengan ambisinya untuk menyamai rekor dengan legenda F1 asal Jerman untuk menjadi 7 kali juara dunia. Rivalnya, Sebastian Vettel harus segera memperbaiki perfoma sekaligus mendorong teknisi Scuderia Ferrari untuk membuat mobilnya sesuai dengan harapan agar menjadi juara di musim 2020 sekaligus hadiah manis untuk musim terakhirnya bersama Scuderia Ferrari. 


VIDEO PILIHAN