Mohon tunggu...
Lulu Mujayanah
Lulu Mujayanah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Penulis

Sebelum menjadi kupu kupu yang indah, betapa banyak waktu yang harus dilaluinya dalam kepompong.

Selanjutnya

Tutup

Beauty Pilihan

Manfaat Moisturizer bagi Kulit Wajah Kamu

8 November 2022   22:03 Diperbarui: 8 November 2022   23:12 134
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Moisturizer Pelembab Wajah/alamy.com

Moisturizer adalah pelembab bertekstur lotion atau krim yang digunakan untuk mengatasi kulit kering, namun tidak hanya dibutuhkan oleh jenis kulit kering saja tepi juga untuk semua jenis kulit. 

Dunia skicare banyak mengalami perkembangan yang sangat besar, ada banyak sekali produk skincare yang menggunakan beragam bahan unik dengan banyak manfaat. 

Selain itu banyak brand skincare semakin memerinci dengan kebutuhan dan memisahkan setiap fungsi skincare. 

Seringkali orang salah paham dan beranggapan bahwa pelembab dapat menyebabkan tipe kulit berminyak menjadi semakin berminyak. hal ini tentu salah karena pelembab dalam berbagai macam dan bentuk sesuai dengan kebutuhan kulit. 


Sebagian orang tidak mau untuk menggunakan moisturizer karena riber dan dianggap menjadi salah satu penyebab kulit berminyak semakin menjadi-jadi. akan tetapi ini salah satu sebab bisa memilih moisturizer yang sesuai dengan kondisi kulit. 

Moisturizer dan pelembab pu menjadi produk skincare yang berbeda dan memiliki fungsi yang berbeda pada dasarnya moisturizer adalah produk skincare yang memfokuskan pada fungsi sebagai pelembab atau pengunci begitu pula dengan pelembab.keduanya juga memiliki bentuk dan tekstur yang sama. 


Perbedaan moisturizer dan pelembab 

Memiliki kemasan yang sama dan berbentuk tube atau tempat yang unik selain itu keduanya memiliki tekstur yang sama seperti geL, cream dan lotion. dan memiliki fungsu yang sama pada umumnya yaitu untuk melembabkan kulit wajah, sehingga kulit akan terasa lebih ringan dan lembut. perbedaan pelembab dan moisturizer dari segi manfaatnya. 

Moisturizer berfungsi untuk menghidrasi kulit sehingga kulit menjadi lembab serta menjaga kelembaban kulit agar tidak kering, tidak mudah hilang dan menahan kandungan air dalam lapisan kulit.  oleh karena itu manfaat koisturizer akan lebih dirasakan pada kulit kering yang tengaj dehidrasi sebab kulit yang sedang dehidrasi membutuhkan skincare yang dapat menghidrasi agar menjaga kelembaban kulit disaat yang bersamaan. 

Manfaat pelembab menjaga pelembaban alami yang ada dikulit secara pelembab sebenarnya memiliki fungsi yang sama dengan skin barrier untuk melindungi kulit dari agresor serta mencegah air dalam lapisan kulit yang melalui pori-pori.

BACA JUGA: Pentingnya menggunakan SPF untuk wajah agar cerah

Perbedaan moisturizer dan pelembab membantu mengatasi masalah kulit seperti kulit kering, kulit kusam, menghilangkan noda, menyamarkan kerutan, dan mengatasi jerawat. pada umunya moisturizer tidak memiliki manfaat karena moisturizer lebih fokus untuk memberikan hidrasi serta melembabkan kulit. 

Manfaat moisturizer

  • Melembabkan kulit 

Dengan fungsi sebagai skincare yang menjaga moist pada kulit manfaat paling utama ialah menjaga kelembapan kulit. moisturizer memberikan hidrasi yang cukup pada lapisan kulit bagian luar dan menjaga lapisan kulit bagian dalam mencegah kerusakan akibat hal lainnya. 

  • Memberikan hidrasi

Menjaga kelembapan kulit untuk menutrisi kulit, brand skincare telah menambahkan beberapa kandungan pada moisturizer yang dapat menutrisikan kulit atau memberi hidrasi pada kulit seperti halnya SPF yang berguna untuk mengencangkan kulit dan menjaga kerusakan kulit dari sinar UVA atau UTB dan melindungu kulit dari paparan sinar matahari disiang hari. 

  • Mencegah munculnya berbagai masalah pada kulit 

Rutin menggunakan moisturizer maka pH kulit akan seimbang sehingga membuat kulit terhindar dari masalah kulit kering serta kulit berminyak.  memiliki kulit berminyak akan mudah muncul jerawat pada area wajah dan apabila kulit kering akan terlihat lebih kusam, sebab itu apapun jenis kulit kalian perlu mencegah segala macam masalah kulit dengan cara rutin menggunakan moisturizer. 

  • Menceahkan kulit wajah 

Mampu mencerahkan kulit wajah karena manfaat moisturizer mampu meratakan warna kulit yang belang dan tekstur kulit tidak merata. dengan menggunakan moisturizer dengan rutin kulit wajah akan terlihat sehat dan terlihat cerah. selain itu ada banyak moisturizer yang diformulasikan dengan bahan yang akan membuat kulit menjadi cerah. 

Moisturizer sangat membantu untuk menjaga keadaan kulit agar tetap lemabab, kenyal dan tidak kering. Dengan begitu kulit kita tidak akan terlihat kusam dan mengelupas. Tidak hanya digunakan untuk beraktivitas diluar ruangan tetapi juga bagi yang beraktivitas didalam ruangan menggunakan AC karena didalam ruangan rentan mengakami kekeringan akibat suhu udara yang dingin. 

Selalu menjaga kelembaban muka kalian ya besti :)


Mohon tunggu...

Lihat Konten Beauty Selengkapnya
Lihat Beauty Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun