Mohon tunggu...
Media

Kritik Infografis Koran TEMPO

5 November 2015   17:02 Diperbarui: 5 November 2015   17:02 194 0 0 Mohon Tunggu...

Identifikasi

  1. Karya DKV berupa infografis yang terdapat pada harian TEMPO, Kamis 29 Oktober 2015 halaman 17.
  2. Infografis berbentuk sebuah diagram batang yang terdapat di dalam sebuah kolom dengan headline, “ Agar Kucuran Subsidi Tak Salah Lagi”.
  3. Judul infografis tersebut adalah, “Perbandingan Jatah Subsidi Listrik”.
  4. Diagram batang yang memberikan gambaran mengenai perbandingan jatah antara subsidi listrik pada tahun 2015 dengan tahun 2016.
  5. Perbandingan yang terdapat pada diagram disebutkan ke dalam bentuk suatu besaran jumlah uang dalam triliun.
  6. Tipe huruf yang digunakan dalam infografis adalah tipe huruf sans-serif dengan jenis huruf Arial. Tipografi menggunakan warna hitam dan didominasi dengan huruf yang ditebalkan (bold).
  7. Pemilihan warna yang digunakan pada diagram batang ialah warna biru cobalt dengan CMYK; C: 92%, M: 83%, Y: 0%, K: 0%.
  8. Diagram batang dibatasi oleh garis putus-putus.

 

Deskripsi

Bentuk karya DKV yang hendak dikritik berupa sebuah infografis berbentuk diagram batang yang terdapat pada harian TEMPO, tepatnya pada hari Kamis, 29 Oktober 2015, halaman 17. Infografis tersebut terletak pada sebuah kolom yang memiliki headline, “Agar Kucuran Subsidi Tak Salah Lagi”.

Judul dari infografis atau diagram batang itu sendiri adalah “Perbandingan Jatah Subsidi Listrik”. Dari judul tersebut kemudian digambar sebuah diagram batang yang menunjukkan suatu perbandingan jatah subsidi listrik yang terjadi antara tahun 2015 dengan 2016. Perbandingan jatah subsidi yang terjadi antara kedua tahun tersebut disebutkan dalam suatu bentuk besaran uang dalam triliun.

Tipografi yang digunakan pada infografis menggunakan tipe huruf sans-serif dengan jenis huruf Arial. Penggunaan tipografi pada infografis didominasi oleh penggunaan huruf yang dicetak tebal (bold). Pemilihan warna tipografi menggunakan warna hitam.

Diagram batang dibentuk menyamping dan di antara diagram yang satu dengan yang lain dibatasi oleh garis putus-putus. Pemilihan warna pada diagram menggunakan warna biru cobalt dengan CMYK; C: 92%, M: 83%, Y: 0%, K: 0%.

 

Interpretasi

Infografis atau yang bisa disebut juga sebagai grafis informasi merupakan sebuah penggambaran dari suatu informasi, data, atau ilmu pengentahuan yang digambarkan melalui bentuk grafis.

Dari infografis yang telah diidentifikasi dan dideskripsikan di atas, infografis ini menggunakan huruf tipe sans-serif dengan jenis huruf Arial, kesan yang dimiliki oleh huruf tipe sans-serif menurut James Craig ialah modern, kontemporer, dan efisien. Sedangkan kesan yang dimiliki oleh huruf jenis Arial sendiri digambarkan sebagai huruf yang sangat sederhana dan memiliki tingkat keterbacaan yang tinggi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x