Mohon tunggu...
Luluatul Munawwaroh
Luluatul Munawwaroh Mohon Tunggu... Mahasiswa - UIN Walisongo Semarang

KKN RDR-77 Kel. 41

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pelaku UMKM Desa Kuniran Gunakan E-Commerce sebagai Taktik Memperkukuh Bisnis di Tengah Pandemi

6 November 2021   14:55 Diperbarui: 6 November 2021   14:58 59 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Wawancara dengan salah satu pelaku UMKM Desa Kuniran

Di era globalisasi saat ini persaingan bisnis semakin meningkat, dimana pelaku bisnis dituntut untuk dapat menerapkan strateginya guna keberlangsungan dalam menjalankan usaha. Akan tetapi, adanya Covid-19 yang masuk ke Indonesia ini menjadikan perekonomian di Indonesia tidak lagi stabil, baik pada sektor mikro maupun makro, perekonomian perorangan sampai perekonomian negarapun tidak stabil akibat adanya virus Covid-19.

img20211014152619-6186344406310e300c333e52.jpg
img20211014152619-6186344406310e300c333e52.jpg
Pati 06 November 2021, Pak Suradi pelaku UMKM mengatakan, "Desa Kuniran salah satu desa di wilayah Pati, Jawa Tengah merupakan desa yang berdapak Pandemi. Sejak adanya wabah corona, bisnis yang dijalakan semakin merosot. Adanya PSBB juga menyebabkan bisnisnya harus buka tutup, serta pembatasan jam untuk berjualan. Sehingga menyebabkan jarang adanya pembeli dan pendapatan yang didapat tidak seperti hari-hari sebelum adanya covid-19".Pandemi Covid-19 harus dihadapi terutama bagi pelaku bisnis guna menunjang perekonomian. 

Aktifitas perekonomian harus tetap berjalan dengan tetap mempertahankan kesehatan. Sehingga taktik bisnis harus diterapkan agar bisa bertahan di situasi pandemi, hal ini dilakukan dengan memanfaatkan e-commerce, menginovasi produk, serta mempersiapkan diri menghadapai skenario terburuk dalam menjalankan bisnis di masa pandemi, Ucap Pak Suradi.Seorang pembisnis (produsen) harus cerdas  membaca situasi dalam menjalankan suatu bisnis. 

Apalagi kondisi pandemi saat ini, konsemen lebih suka mencari barang yang hanganya jauh lebih murah. Sehingga pembisnis harus beradaptasi untuk memahami dan mengikuti kebutuhan dari pembeli.

Menurut Pak Suradi, langkah memperkukuh bisnis di masa Covid-19 dapat dilakukan oleh pembisnis dengan cara merubah pola pikirnya, yakni memanfaatkan media sosial dalam menjalankan bisinya, seperti instagram, WA, facebook, serta bergabung dengan usaha online shopee, tokopedia, go-food guna memperluas jaringan bisnis yang dijalankan oleh produsen. sehingga dalam situasi pandemi Covid-19, pembisnis tetap bisa menjalankan bisnisnya. Meskipun dengan taktik yang berbeda dengan sebelumnya. Namun dengan cara seperti itulah, seorang pembisnis dapat mempertahankan hidupnya demi menunjang perekonomian.

Penulis: Lu'luatul Munawwaroh
Mahasiswa KKN RDR-77 UIN Walisongo Semarang

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan