Mohon tunggu...
Lulu Zakiyah
Lulu Zakiyah Mohon Tunggu... Speed

I am speed

Selanjutnya

Tutup

Hobi

The Blonde Lady

21 Juni 2021   04:03 Diperbarui: 21 Juni 2021   06:39 50 2 0 Mohon Tunggu...


Penulis: Maurice LeBlanc
Penyunting: Dewi Fita
Penerbit: Bukune
Tahun Terbit: Mei 2011
Halaman: 308
ISBN: 602-8066-97-4

Buku ini adalah The Blonde Lady edisi terjemahan oleh penerbit Bukune. Sampul bukunya cukup menarik, meskipun tampil dalam warna yang cukup gelap. Tapi justru menampilkan kesan misterius, seperti isi buku ini.

Singkatnya, dalam buku The Blonde Lady ada tiga tokoh yang sangat cenderung muncul yaitu Arsene Lupin, Holmlock Shears dan Ganimard.

Arsene Lupin adalah pencuri cerdik asal Perancis yang memiliki seribu satu akal kreatif sehingga polisi perancis sangat memusuhinya dan berusaha keras untuk menangkapnya. Holmlock Shears adalah seorang detektif inggris yang merupakan tandingan Arsene Lupin karena dia juga memiliki banyak cara untuk menangkap Lupin. Sedangkan, Ganimard merupakan detektif perancis yang selalu gagal menangkap Lupin.

The Blonde Lady menceritakan persaingan sengit antara Arsene Lupin dan Holmlock Shears yang membantu Ganimard dalam menangkap Lupin.

Ada tiga kasus yang dikisahkan dalam buku The Blonde Lady:

•Pertama, hilangnya lottere Nomor 514 seri 23 milik seorang professor bernama Gerbois. Sang professor membeli sebuah meja antik dari kayu mahoni di toko barang bekas untuk hadiah ulang tahun putrinya, Suzanne. Ia menyimpan lottere tersebut di dalam salah satu laci meja itu. Keesokan harinya, meja yang baru ia beli dari toko hilang, dan pada hari itu pula ia mengetahui bahwa dirinya memenangkan lottere dengan uang sebesar 1 juta franc. Sayangnya, lottere tersebut hilang bersamaan dengan meja antik itu.

Dan pada hari itu juga Suzanne tiba-tiba menghilang dan beberapa tetangga melihat dia pergi bersama wanita berambut pirang. Arsene Lupin menawarkan untuk berbagi hasil undian berupa uang tadi yang dibagi sama besarnya dan professor bisa mendapatkan anak gadisnya kembali. Polisi perancis dikerahkan untuk memasang perangkap namun Lupin tiba-tiba menghilang.

•Kedua, terbunuhnya Baron didalam kamarnya, si pelayan mendapatkan Baron telah mati dibunuh dengan isi kamar yang berantakan. Si pelayan akhirnya keluar dan meminta bantuan kepada tetangga dan polosi setempat dan kemudian kembali masuk kedalam rumah. Tapi saat kembali, kamar Baron telah rapih kembali dan ditemukan 13 cek dan berlian biru. Kejanggalan kemudian muncul yaitu hilangnya pembantu perempuan yang diketahui berciri rambut pirang.  

•Ketiga, hilangnya lampu yahudi dengan banyak berlian serta perhiasaan didalam kotak lampu. Lampu yahudi itu milik keluarga d'inblevalle. Keluarga inipun meminta bantuan penyelidikan kepada Holmlock Shears dan Wilson  dalam kasus penyelidikan pencurian ini. Menurut Shears ini adalah salah satu kasus yang berhubungan  Arsene Lupin.

Dari segi cerita, sebenarnya sangat seru karena Shears selalu gagal menangkap Lupin, dia selalu berhasil lolos.
Inti dari cerita ini sebenarnya bukan memecahkan siapa pelaku kejahatan, karena sudah jelas-jelas pelakunya adalah Lupin, tetapi aksi kejar kejaran Homlock dan Lupin. Lupin melakukan kejahatan dan Homlock sebagai detektif mencari bukti dan berusaha menunjukkan bukti-bukti kalau Lupin adalah pelaku dan menangkapnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN