Mohon tunggu...
lukmanbbs
lukmanbbs Mohon Tunggu... Guru - lukmanbrebes

Ngaji pikir dan dzikir

Selanjutnya

Tutup

Halo Lokal Pilihan

Menapaki Jalan Gunung Lio

11 November 2023   12:09 Diperbarui: 11 November 2023   12:31 263
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Jalan Gunung Lio Salem. Dok. Pribadi

Menapaki Jalan Gunung Lio

Cerita jalan melewati Gunung Lio, yang lokasinya berada diperbatasan Kecamatan Banjarharja dan Salem Kabupaten Brebes, penulis ketahui sebagai jalan yang penuh keunikan.

Baik dari cerita yang disampaikan oleh taman-teman penulis, atau yang penulis dapatkan dari media cetak maupun elektronik yang telah dibukukan oleh para penulis.

Melewati jalan Gunung Lio, dapat juga menjadi standar seorang supir yang handal. Karena banyak pengendara mobil yang tidak berani mengendari mobil, ia lebih memilih joki supir yang ada di sekitar wilayah setempat dari pada harus mengendari mobilnya sendiri.

Jalan Gunung Lio menurut penulis sendiri dari informasi yang didapat menjadi salah satu jalan yang penuh legenda, cerita berbagai persi, ada mistis dan logika realitis serta tak kala pentingnya juga pemandangan yang  indah di sepanjang jalur Gunung Lio.

Disamping kengerian jalanya yang sering longsor, kanan kirinya jurang yang curam dan lapisan bukit benteng alami buatan pemberi warna cabai, serta pohon yang ada di samping jalan, menambah suasana para pengguna jalan harus semakin meningkatkan konsentrasi dan terus berdoa.

Jalan Lio juga ada yang menyebut jalur maut, mungkin karena banyak kelokan, tikungan tajam, tanjakan dan turunan yang tajam serta sering terjadi kecelakaan.

Sebelum penulis melewati jalan Gunung Lio, berbagai literasi dan informasi penulis cari dan kumpulkan. Termasuk kondisi cuaca dan kelancaran dalam perjalanan melewati Gunung Lio. Tak kala pentingnya juga kondisi kendaraan yang digunakan, semua dicek harus sehat, terutama kondisi rem yang harus pekem.

Dzikir yang Tak Berhenti

Singkat cerita saat akan melewati jalan Gunung Lio, penulis mencoba untuk rileks, yakin bisa dan tetap terus berdoa serta bersholawat sepanjang jalan melewati Gunung Lio.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Halo Lokal Selengkapnya
Lihat Halo Lokal Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun