Mohon tunggu...
Lukmanul Hakim
Lukmanul Hakim Mohon Tunggu... Menulis salah satu usaha untuk mengikat ilmu. Aktifitas saya sebagai jurnalis warga menjadikan selalu untuk menulis berita. Begitu juga sebagai kontributor TVMU untuk wilayah Brebes, mesti menulis Naskah narasi berita. Jadi Menulislah...menulis...dan menulis...Salam Literasi

Kontributor TVMu untuk Kabupaten Brebes

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Eksistensi Gema Selaparang Mengedukasi Covid-19

29 Maret 2020   13:38 Diperbarui: 29 Maret 2020   13:48 17 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Eksistensi Gema Selaparang Mengedukasi Covid-19
Dok. pribadi

Penyebaran coronavirus disease 2019 atau covid-19 telah menyita semua pihak, dari berbagai lini. Korbanpun berjatuhan akibat wabah tersebut, tentu perlu pengetahuan untuk mencegah virus tersebut. Edukasi yang perlu disampaikan kepada masyarakat mestinya mampu meredam kepanikan dan tidak takut namun tetap waspada. 

Gerakan masyarakat Selaparang atau Gema Selaparang melakukan aksi sosial dengan blusukan atau turun ke lapangan di Kecamatan Sambelia Lombok Timur. Dalam aksi sosial ini menyusur empat desa di Kecamatan Sambelia yakni Senanggalih, Sambelia, Bagik manis dan Desa Sugian.  Kegiatan aksi ini dipimpin langsung oleh Ketua Umum Gema Selaparang bersama para relawan aksi sosial dari kepemudaan Sambelia. Gerakan ini pula di komandoi oleh  koordinator lapangan Samsul Hadi.

Gerakan sosial ini terinisiasi sebagai bentuk kepedulian Gema Selaparang terhadap masyarakat di Kabupaten Lombok timur terkait merebaknya Covid-19 ini. Masyarakat harus difahamkan dengan pencegahan virus corona yakni dengan memutus rantainya dengan berbagai langkah yang mudah dilakukan oleh mereka. Dari mulai berperilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) yakni dengan cuci tangan dengan sabun di air yang mengalir, hindari kontak dengan orang terlalu dekat dengan social distancing, minum vitamin, makan-makanan bergizi, berolahraga dan apabila bersin atau batuk ditutup dengan masker atau dengan siku.

" Ini sebagai bentuk kerja nyata Gema Selaparang dalam membantu masyarakat, untuk mengedukasi warga dan memberikan penyuluhan terkait covid-19. Edukasi ini penting bagi mereka agar mau mengikuti langkah-langkah yang sudah kami jelaskan untuk memutus rantai mewabahnya virus corona," jelas Samsul Hadi.

Semua pihak mengapresiasi dengan danya aksi sosial ini. Tidak ketinggalan Sekdes Senanggalih Sugita Jiwantara juga menilai kegiatan ini sangat positif dan menginspirasi pihak Pemerintah Desa. Gebrakan awal ini selanjutnya akan kami contoh dan menjadi perhatian Pemdes untuk memberi penyuluhan lanjutan pengenalan tentang covid-19.


"Kami dari pemerintah desa sangat berterimakasih atas dukungan Gema Selaparang dalam memberikan edukasi yang sangat membantu masyarakat. Semoga hal ini membuat warga kami memahami dan saling menjaga pola hidup bersih dan sehat demi mencegah penyebaran coronavirus disease atau covid-19 ini," pungkas Sugita Minggu (29/3/2020).

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x