Mohon tunggu...
Lukmanul Hakim
Lukmanul Hakim Mohon Tunggu... Menulis salah satu usaha untuk mengikat ilmu. Aktifitas saya sebagai jurnalis warga menjadikan selalu untuk menulis berita. Begitu juga sebagai kontributor TVMU untuk wilayah Brebes, mesti menulis Naskah narasi berita. Jadi Menulislah...menulis...dan menulis...Salam Literasi

Kontributor TVMu untuk Kabupaten Brebes

Selanjutnya

Tutup

Teknologi Pilihan

Baru Tahu, Ternyata Tanpa Aplikasi Bisa Kompres Gambar atau Foto

25 Februari 2020   08:27 Diperbarui: 25 Februari 2020   15:44 92 0 0 Mohon Tunggu...

Sobat Kompasiana yang selalu Semangat Menulis..

Kali ini penulis akan mengajak para pembaca untuk mengedit gambar atau foto agar ukurannya lebih kecil tanpa menggunakan aplikasi di playstore atau aplikasi online di browser. Dengan memanfaatkan fitur yang ada di laptop atau memanfaatkan aplikasi di smartphone tanpa harus download aplikasi baru.

Penulis akan mengupas dari dua media,yakni ubah ukuran gambar atau poto melalui PC atau laptop dan melalui smartphone. Keduanya tanpa menggunakan aplikasi baru, hanya memanfaatkan media yang ada.

1. Edit ukuran gambar via PC atau laptop

Ada beberapa alamat situs untuk mengkompres ukuran gambar seperti compressjpeg.com, img2go.com atau masih banyak link lainnya. Namun, dengan memanfaatkan aplikasi yang sudah tersedia di setiap PC atau lapotp saja sudah cukup. Apa itu ? Yakni PAINT.

Dokpri
Dokpri
Ok...untuk langkah awal tentu membuka PAINT terlebih dahulu, lalu bisa klik CTRL+O atau pilih FOLDER yang terdapat gambar yang akan kita kompress ukurannya.

Dokpri
Dokpri
Selanjutnya pilih file yang akan kita resize atau compress agar menjadi lebih kecil ukuran gambar /fotonya

Dokpri
Dokpri
Tampilan gambar akan full memenuhi layar di paint, bahkan besar sehingga tidak muat dalam satu frame, hanya muncul 5% dari full gambar, sehingga untuk melihat secara utuh, ukuran zoom out / in diubah dari 100% menjadi 12,5%

Dokpri
Dokpri
Dokpri
Dokpri
Selanjutnya atur ukuran dengan melihat Resize dan ubah ukuran horizontal, otomatis certikal akan berubah dengan sendirinya. Ubah ukuran sesuai kebutuhan, seperti penulis ketika akan posting di Kompasiana, ubah ukuran terlebih dahulu di resize untukhorzontal menjadi 900. Hal ini untuk memudahkan kecepatan post, bahkan seringkali ada batasan maksimal ukuran gambar misalkan maksimal 2 MB.

Dokpri
Dokpri
Kompress gambar juga seringkali digunakan untuk posting berita di media baik blogspot maupun wordpress. Hal ini memudahkan kecepatan akses web tersebut agar cepat dibuka linknya.

Ok..untuk media lapotp atau PC sudah penulis jabarkan tutorialnya. Sekarang bagaimana kompress gambar melalui smartphone

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN