Mohon tunggu...
Lukman Yunus
Lukman Yunus Mohon Tunggu... Tinggal di pedesaan

Minat Kajian: Isu lingkungan, politik, agama dan pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Sehat dan Gaya Pilihan

Taat Protokol Kesehatan sebagai Wujud Kesalehan Sosial

14 April 2021   12:17 Diperbarui: 14 April 2021   12:36 219 9 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Taat Protokol Kesehatan sebagai Wujud Kesalehan Sosial
Protokol kesehatan | Sumber: Liputan6.com


Marhaban ya Ramadhan

Saat ini kita tiba di bulan suci Ramadhan 1442 H. Suatu anugerah tentunya bagi orang-orang yang ingin memperoleh banyak pahala, sebab banyak sekali macam amalan ibadah yang jika dilakukan dengan sadar dan karena Allah Ta'ala maka akan memperoleh belasan pahala yang berlipat ganda. Adapun amalan itu, ada yang bentuknya kesalehan individu dan kesalehan sosial.

Kesalehan individu mencakup sholat, Taat Protokol Kesehatan Sebagai Wujud Kesalehan Sosial, dzikir dan sebagainya. Sedangkan kesalehan sosial yakni sedekah, membayar zakat, dan sebagainya. Perbedaan keduanya adalah jika kesalehan individu bentuk amalan yang sifatnya vertikal maka kesalehan sosial ialah bentuk amalan yang sifatnya horizontal.

Dalam konteks pandemi Covid-19 saat ini, sesungguhnya terdapat amalan yang tergolong kesalehan sosial yakni taat protokol kesehatan. Hal ini merupakan tanggungjawab kemanusiaan yang harus dilakukan. Manakala individu menaati protokol kesehatan maka akan memberi dampak kemaslahatan sosial. Tapi sebaliknya jika individu melanggar protokol kesehatan maka akan berdampak buruk bagi kesehatan dirinya maupun orang lain.

Oleh karena itu, patuhi protokol kesehatan: menjaga jarak, menggunakan masker, mencuci tangan dan sebagainya. Dengan demikian maka potensi penyebaran Covid-19 dapat diminimalisir. Semoga Allah SWT. memberi ganjaran pahala berlipat ganda bagi orang-orang yang tidak hanya melakukan kesalehan individu tapi juga kesalehan sosial.

VIDEO PILIHAN