Mohon tunggu...
Lukman Yunus
Lukman Yunus Mohon Tunggu... Tinggal di Desa

Petani

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Selain Ganjar Pranowo, Apakah Rocky Gerung Berpeluang Menjadi Presiden pada Pemilu 2024?

8 Juli 2020   08:03 Diperbarui: 8 Juli 2020   08:21 302 16 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Selain Ganjar Pranowo, Apakah Rocky Gerung Berpeluang Menjadi Presiden pada Pemilu 2024?
Sumber dari www.suara.com

Pilpres berikutnya terbilang masih lama, yaitu kurang lebih 4 tahun lagi. Namun demikian, sejumlah lembaga survei tanah air sudah membuat riset dan analisis tentang figur yang kuat dalam pertarungan kontestasi lima tahunan itu (Pilpres). Nama Anis Baswedan, Ridwan Kamil, dan Ganjar Pranowo, disebut-sebut sebagai figur yang potensial. Untuk melihat tingkat peluang diantaranya, elektabilitas menjadi indikator.

Dikutip dari laman kompas.com (9/6/2020) "Lembaga survei Indikator menyebut bahwa pandemi virus corona atau Covid-19 berdampak pada elektabilitas menuju pemilihan presiden atau pilpres".

Dalam konteks pandemi Covid-19 yang menyasar sejumlah daerah di Indonesia, kepemimpinan Kepala daerah juga menentukan kondisi baik atau buruknya penanganan Covid-19 di daerahnya. Jadi tidak serta-merta hanya menjadi tanggung jawab tunggal Kepala Negara. Kita kenal istilah desentralisasi, yang mana daerah diberikan kewenangan untuk mengurusi daerahnya berdasarkan undang-undang otonomi daerah.

Maka dari itu, tidak salah jika lembaga survei melakukan riset dan analisisnya pada momentum pandemi Covid-19 tersebut. Sejauh mana efektivitas penanganan Covid-19 yang dilakukan oleh Kepala Daerah. Apa gebrakan yang dinilai mengarah pada percepatan penanganan Covid-19? Atau seberapa sigap Kepala Daerah menangani Covid-19 di daerahnya masing-masing? Jadi, pertanyaan-pertanyaan ini erat kaitannya dengan kualitas kepemimpinan. Bukankah Presiden Joko Widodo dulunya adalah mantan Kepala Daerah? Citra politiknya sebagai figur sederhana dan merakyat menjadi modal kuat menjadi orang nomor 1 di Indonesia.

Lebih lanjut kompas.com (9/6/2020) memaparkan bahwa "Indikator Politik Indonesia melakukan survei dengan menyodorkan 14 nama yang dianggap calon potensial di Pilpres 2024. Empat orang di antara 14 nama itu adalah kepala daerah. Merekaadalah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Dari hasil survei, elektabilitas Ganjar Pranowo dan Ridwan Kamil naik selama pandemi virus corona".

Dari hasil survei yang dilakukan oleh lembaga survei Indikator Politik Indonesia di atas, menyodorkan hasil temuan bahwa Kepala Daerah Ganjar Pranowo dan Ridwan Kamil menunjukkan elektabilitasnya meningkat selama pandemi Covid-19. 

Temuan ilmiah ini menggambarkan bahwa penanganan Covid-19 oleh Kepala Daerah akan menjadi investasi politik tersendiri untuk menduduki jabatan nomor satu di tanah air. 

Kepala Daerah yang dinilai baik dalam penanganan Covid-19 di daerahnya boleh jadi berpeluang menjadi Presiden dalam pilpres 2024 mendatang. Kira-kira begitu narasi lembaga survei Indikator Politik Indonesia.

Selain nama-nama di atas, Rocky Gerung juga berpeluang menjadi Presiden dalam Pilpres yang akan datang. Jika membicarakan seputar investasi politik apa yang dimiliki oleh seorang Rocky Gerung saat ini? 

Maka jawabannya ialah Rocky Gerung memiliki simpatisan yang luar biasa banyaknya. Baik dari golongan partai politik (Politisi), kalangan akademisi, pelajar hingga mahasiswa maupun masyarakat biasa. Pengikutnya sudah banyak. Bukankah untuk menjadi seorang Presiden, akumulasi dukungan suara yang banyak akan sangat menentukan?

Nama Rocky Gerung tidak diragukan lagi popularitasnya. Kiprahnya sebagai dosen UI yang mengajar mata kuliah untuk mahasiswa S1 hingga S3, adalah suatu pengalaman yang luar biasa. Tentunya sudah dapat dipastikan memiliki IQ tinggi. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN