Mohon tunggu...
Lukman Yunus
Lukman Yunus Mohon Tunggu... Tinggal di Desa

Petani

Selanjutnya

Tutup

Tebar Hikmah Ramadan

Biaya Sosmed vs Tuntutan Dunia Kerja

1 Mei 2020   13:04 Diperbarui: 1 Mei 2020   13:23 38 5 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Biaya Sosmed vs Tuntutan Dunia Kerja
https://images.app.goo.gl/fZ599qUHiToLE5vv7

Perkembangan teknologi telekomunikasi yang semakin canggih saat ini sangat membantu dalam mempermudah interaksi baik antar individu dengan individu, individu dengan kelompok, atau kelompok dengan kelompok. Alat telekomunikasi dari sisi kemanfaatan adalah solusi alternatif menghubungkan satu dengan lainnya yang notabenenya berada pada tempat yang berbeda dan atau jaraknya berjauhan. Aplikasi telekomunikasi umumnya adalah Telepon, Email, WhatsApp, Messenger, Telegram, Zoom, dan lain-lain).

Pada masa pandemi ini, perusahaan, lembaga pendidikan, lembaga pemerintahan, dan sebagainya mengalami perubahan metode kerja. Jika sebelumnya antar rekan kerja bisa berinteraksi langsung saat jam kerja, beda halnya pada saat pandemi ini dimana aktivitas pekerjaan berorientasi pada interaksi maya (Via sosmed). Hal ini merujuk pada protokoler Pemerintah tentang pencegahan Covid-19.

Kita umumnya tahu bahwa untuk mengakses sosmed tidak cukup dengan menyediakan alat telekomunikasi seperti smartphone, komputer, dan sebagainya. Akan tetapi, untuk mengakses aplikasi sosmed diperlukan biaya sosmed baik itu berupa pulsa telepon ataupun pulsa internet. Untuk biaya Sosmed khusus pengguna kartu Telkomsel bisa melakukan pembelian melalui aplikasi my Telkomsel atau cara lainnya dengan varian harga sesuai besaran nominal pulsa saat transaksi pembelian dilakukan.

Berbicara mengenai biaya sosmed, berikut saya lampirkan data berupa gambar yang termuat di aplikasi my Telkomsel khusus pengguna Telkomsel.

Paket Telepon

untuk lokasi saya berada sekarang tepatnya di kabupaten Manggarai Barat, di aplikasi my Telkomsel biaya paket telepon sebagai berikut.

https://my.telkomsel.com
https://my.telkomsel.com


https://my.telkomsel.com
https://my.telkomsel.com
Gambar di atas menunjukkan biaya telepon dengan harga dan ketentuan berlaku. Jika melihat gambar di atas, ada perbedaan harga pulsa paket telepon saat bulan ramadhan dibandingkan waktu sebelum masuk bulan ramadhan. Kebijakan ini biasanya dikenal dengan promo selama ramadhan, umumnya sama halnya dengan hari besar agama lainnya.

Paket Internet

Sedangkan untuk biaya paket internet baik harian maupun bulanan, harganya terbilang mahal. Untuk paket internet, Telkomsel menyediakan paket murah internet malam. Untuk detailnya, perhatikan gambar berikut ini.


https://my.telkomsel.com
https://my.telkomsel.com

https://my.telkomsel.com
https://my.telkomsel.com

https://my.telkomsel.com
https://my.telkomsel.com
Itulah beberapa data berupa gambar biaya telepon dan internet dengan varian harga sesuai besaran nominal pulsa yang dibeli oleh pengguna kartu Telkomsel. Saya pribadi sebagai pengguna kartu Telkomsel berdasarkan tuntutan dunia kerja mesti membeli pulsa internet untuk kebutuhan baik itu berkaitan dengan informasi dari atasan kerja maupun penghubung interaksi maya sesama rekan kerja. Korelasi besarnya biaya sosmed dan tuntutan kebutuhan dunia kerja mau tidak mau diterima sebagai tantangan selama pandemi Covid-19 ini.

VIDEO PILIHAN