Mohon tunggu...
Luki Antoro
Luki Antoro Mohon Tunggu... Penggiat Kebudayaan

Sosial Budaya Politik

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Alasan Kenapa Perlu Mengganti Lambang Garuda Pancasila Versi Tembaga atau Kuningan

19 September 2020   14:00 Diperbarui: 19 September 2020   14:07 17 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Alasan Kenapa Perlu Mengganti Lambang Garuda Pancasila Versi Tembaga atau Kuningan
Proses Pembuatan Kerajinan Ukir Logam di Nursih Basuki Art Studio, Kotagede Yogyakarta

Jika ditanya soal penting nggak sih mengganti lambang garuda pancasila yang lama dengan yang terbaru? Ternyata penting juga loh. Banyak orang yang tidak sadar atau berpikir bahwa mengganti beberapa bagian dalam ruangan itu bisa menciptakan nuansa baru. Salah satunya lambang garuda pancasila yang sering kita lihat selalu menghiasi diantara foto presiden dan wakil presiden.

Kita dapat berkaca pada pengelolaan gedung atau bangunan di Jakarta. Mereka kini mulai mengubah lambang garuda pancasila yang sebelumnya bentuknya foto dibingkai plastik, kini menjadi bentuk tiga dimensi terbuat dari logam jenis tembaga dan kuingan yang unik dan memberikan kesan estetik tersendiri. 

Beberapa ukurannya pun bervariasi, karena mereka sengaja memesan sesuai proporsional ruangan atau gedung mereka. Sehingga lambang garuda pancasila tersebut tidak kekecilan, dan bisa menjadi center point sekaligus menambah estetika tersendiri.

Betul, umumnya lambang garuda pancasila logam tersebut harus dipesan khusus. Bagi pemesan juga harus memperhatikan aspek proporsional yang tepat, sehingga lambang garuda pancasila tersebut terlihat ideal dengan ukuran ruang atau gedung. Tempat membuat lambang garuda pancasila logam tersebut ternyata berada di Yogyakarta. Tepatnya di Kotagede, sebuah kawasan yang sejak abad-16 sudah terkenal dengan sentra pengrajin logam berkualitas. Salah satunya produknya berupa perhiasan perak, yang produknya sangat terkenal hingga eropa. Nursih Basuki Art Studio, kini menjadi salah satu tempat yang membuat lambang garuda pancasila berkualitas. 

Lambang garuda pancasila beragam ukuran dipesan khusus oleh berbagai pihak, mulai dari pengelola gedung vital milik Negara hingga pemilik rumah budaya. Kamu juga bisa melihat beberapa lambang garuda pancasila buatan pengrajin di studio tersebut melalui akun sosial media mereka @nbas_jogja. Sekaligus, bisa bertanya jika ingin membuat lambang garuda pancasila logam tersebut.

Jadi, alasan kenapa kamu perlu mengganti lambang garuda pancasila ke versi yang terbaru atau tiga dimensi, yakni untuk menambah estetika tersendiri. Membuat lambang garuda pancasila dari logam, juga terlihat professional. Trend ini terlihat di berbagai ruang pejabat yang kini sudah memakai lambang garuda pancasila versi logam.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x