Mohon tunggu...
Luhtitis Enggar Rahmasari
Luhtitis Enggar Rahmasari Mohon Tunggu... to be Accountant

Life is like a soccer, you need a goal

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Mahasiswa UM, Olah Sampah Plastik Menjadi Meja Belajar

12 Juni 2019   23:44 Diperbarui: 12 Juni 2019   23:58 0 1 0 Mohon Tunggu...
Mahasiswa UM, Olah Sampah Plastik Menjadi Meja Belajar
dokpri

Malang - Lima Mahasiswa Universitas Negeri Malang berhasil menciptakan sebuah inovasi baru. Mereka Adalah Yogga (ketua tim), Latif, Linda, Mifta, dan Luhtitis. Lima Mahasiswa ini berhasil menciptakan meja lipat cantik yang diberi nama MEDILKA. Siapa sangka bahwa Meja lipat cantik ini mereka buat dari sampah plastik yang mereka olah sedemikian rupa hingga menjadi sebuah meja.

Sampah plastik merupakan sampah yang sulit terurai oleh tanah. Oleh karena itu dibutuhkan perhatian yang lebih untuk mengurangi sampah plastik tersebut untuk meminimalisir dampak yang lebih besar dikemudian hari. Hal inilah yang mendorong Yogga dkk untuk mengolah sampah plastik menjadi barang yang bermanfaat untuk meminimalisir jumlah sampah plastik di lingkungan.

"Ide pembuatan meja lipat ini berawal dari banyaknya sampah plastik yang semakin menumpuk dari waktu ke waktu, sementara kepedulian masyarakat untuk mengurangi penggunaan sampah plastik ataupun mengolahnya masih rendah." Jelas Yogga, ketua tim MEDILKA.

Kemudian Latif, salah satu anggota tim MEDILKA menambahkan, sampah plastik yang semula hanya bisa berserakan di lingkungan kini dapat diubah menjadi barang bernilai jual dengan menggunakan alat dan metode pengolahan, yaitu pemilahan dan pencacahan sampah plastik yang kemudian dipress menggunakan mesin berdaya panas tinggi, sehingga terbentuk papan plastik yang kuat dan dibentuk sedemikian rupa sehingga menjadi meja lipat yang cantik.

Kini meja belajar tersebut mereka beri nama MEDILKA, yang merupakan kependekan dari Meja Lipat Cantik dari Limbah Plastik. Meja lipat ini memiliki ketahanan yang lebih kat dibandingkan dengan meja lipat pada umumnya dan memiliki nilai estetis tersendiri. 

"Produk ini juga merupakan produk ramah lingkungan dimana dalam pengolahan sampah plastik tidak melalui pembakaran, namun melalui pengepresan dan pemanasan, sehingga plastik tidak beracun." Tambah Latif.

Ketua tim berharap dengan tindakan kecil yang dilakukannya bersama keempat temannya ini dapat berguna untuk lingkungan sekitar. Mereka mengajak untuk senantiasa menjaga lingkungan. Kini produk MEDILKA sendiri dapat dipesan melalui akun instagram @medilka.furniture.