Mohon tunggu...
Lugastyan
Lugastyan Mohon Tunggu... Freelancer - Sukses selalu ya

Perintis Usaha dan suka belajar hal baru dan hal lama hehe

Selanjutnya

Tutup

Money

Pentingnya Logo untuk Bisnis

28 Juni 2020   11:13 Diperbarui: 28 Juni 2020   11:11 94
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Bisnis diasosiasikan dengann berdagang. Walau bisa dikatakan sebagai dagang, bisnis sebenarnya lebih kompleks dari dagang. Dagang hanya mengurusi bagaimana menjual barang dan untung dari situ, orang yang berbisnis mengurus banyak hal dari pada itu, mulai dari penyimpanan, marketing, gaji pegawai, produksi, dan bahkan pengalaman konsumen saat menggunakan produk kita.

Apakah pengalaman konsumen itu penting? Bisa dibilang ini lah yang paling penting. Ini lah sisi yang jika diurus benar-benar maka dampaknya akan sangat besar. Misalkan saja starbuck. Starbuck adalah cafe kopi yang sangat terkenal. Walau banyak penjual kopi yang dapat membuat kopi lebih enak dari starbuck tapi pengalaman saat orang menikmati secangkir kopi starbuck itu tidak ada duanya. 

Starbuck digambarkan sebagai gaya hidup keren dan mewah. Orang yang menikmati kopi di starbuck akan merasakan sensasi sebagai orang yang high classs. Dengan begini secangkir kopi starbuck yang mungkin hanya menghabiskan biaya produksi tidak lebih dari R5000 bisa dijual sampai Rp50.000. Saya yakin petinggi starbuck sangat menjaga pengalaman konsumen saat menikmati produknya. Mereka menjaga bagaimana kata starbuck diceritakan.

Rustan (2009) secara ringkas mendefinisikan brand sebagai rangkuman pengalaman, dan asosiasi terhadap sebuah entitas. Apa yang anda bayangkan saat mendengar kata toyota, BMW, ford, Laborgini? Nama-nama itu memiliki kesan yang berbeda beda kan dibenak anda? Anda mungkin sudah melihat iklan atau cerita tentang brand-brand itu. Mungkin anda mendengar nama toyota biasa saja. 

Begitu anda mendengar BMW, anda mungkin langsung menganggap wah ini benda mewah, dan saat mendengar lamborgini, wah ini benda mahal yang saya tidak akan sampai mampu beli. Nama-nama itu harus dijaga kesannya. Itu lah pentingnya brand. Jika anda tidak mampu menjaga kesan brand anda sesuai target market anda maka kemungkinan produk anda laku jadi kecil. 

Anda menjual produk untuk kalangan mahasiswa dan anak muda misalkan tapi kesan yang tampil di otak mereka adalah kuno, orang tua, jadul. Walau fiturnya sangat bagus, bahannya bagus, otak mereka tidak akan memilih itu. Jadi anda harus serius dengan brand. Anda pernah kan melihat produk yang biasa saja tapi dijual mahal gara-gara brand. Aneh ya, tapi nyatanya ada loh yang beli, banyak lagi. 

Dalam membangun sebuah brand, banyak hal yang harus direncanakan seperti:

 (1) mendesain identitas visual, yang meliputi logo, kemasan, signage, eksterior dan interior gedung, seragam, company profile, graphic standard manual, dan masih banyak lagi;

 (2) merancang komunikasi, seperti: iklan, laporan tahunan, public relation, dan sebagainya; dan

 (3) menetapkan perilaku, yang meliputi: nilai perusahaan, etos kerja, budaya perusahaan, dan lain-lain. 

(Sumber :PENTINGNYA PERAN LOGO DALAM MEMBANGUN BRAND Angela Oscario Binus University)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun