Mohon tunggu...
Ludiro Madu
Ludiro Madu Mohon Tunggu... Dosen

Mengajar di Jurusan Ilmu Hubungan Internasional UPN 'Veteran' Yogyakarta.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Thomas Tuchel Makin Klop dengan Chelsea FC

7 Maret 2021   06:02 Diperbarui: 7 Maret 2021   07:09 232 29 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Thomas Tuchel Makin Klop dengan Chelsea FC
Foto: skysports.com

Kemenangan Chelsea FC 1-0 atas Liverpool menjadi bukti semakin klop-nya Thomas Tuchel dengan the Blues. Performa positif tim Biru dalam 10 laga bersama Tuchel juga semakin menambah imun para fans dan sang pemilik, Roman Abramovich.

Sebaliknya, kekalahan Liverpool semakin menenggelamkan performa Jürgen Klopp dalam melatih the Reds. Semakin tertutup sudah peluang the Reds mempertahankan gelar juara Liga Premier

Kedua pelatih yang sama-sama berasal dari Jerman itu benar-benar berbeda nasibnya sebagai akibat dari hasil laga kedua tim. Entahlah bagaimana masa depan Klopp melatih the Reds dengan kekalahan bertubi-tubi ini.

Sementara itu, kemenangan Chelsea ditentukan oleh gol semata wayang Mason Mount di menit ke-42. Umpan lambung panjang dari N'golo Kante di sisi kanan wilayah pertahanan Liverpool berhasil diselesaikan dengan cantik. Sepakan Mount gagal ditepis kiper Allison Becker dan bola menghujam di sebelah kiri gawang the Reds.

Walau menang tipis 1-0, hasil laga pekan ke-27 itu membuat Tim asuhan Tuchel meraih posisi nomer empat menggeser West Ham United. Di tangga ke-4, Chelsea memiliki 47 poin hanya selisih 4 poin dari Manchester United di posisi kedua dan satu poin dari Leicester di posisi ketiga. Kehadiran Chelsea di posisi itu semakin meningkatkan hawa persaingan dengan tim-tim papan atas di Liga Premier Inggris. 

Kemenangan Chelsea membuktikan klub itu mampu mematahkan tradisi selalu kalah berhadapan dengan the Reds. Dalam 5 duel terakhir di Premier League, Liverpool selalu mendominasi dengan 4 kemenangan dan 1 kali imbang.

Selain itu, hasil positif untuk Chelsea juga menunjukkan bahwa stadion Anfield tidak lagi menakutkan bagi tim-tim tamu, termasuk Chelsea. Klub lain (seperti Burnley, Brighton, Manchester City, dan Everton) juga telah mengalahkan the Reds di Anfield. 

Yang menarik, hasil ini persis sama dengan Jose Mourinho. Tuchel dan Mou menang melawan Liverpool di laga ke-10 dengan skor 1-0 juga.

Sisa 11 laga mendatang masih memberi peluang Chelsea untuk merebut posisi tiga atau, bahkan dua. Chelsea telah mengirimkan sinyal persaingan ketat dengan Manchester United, Leicester City, dan tim-tim papan atas lainnya.

Kemenangan tim London Barat itu pada Jumat dinihari (5/3/2021) menunjukkan bahwa strategi Tuchel semakin klop. Lini pertahanan semakin solid dan memahami strategi Tuchel dengan bertahan di wilayah lawan. 

Sedangkan, tim penyerang memberikan keleluasan Tuchel memilih pemain. Apalagi para pemain senior masih mampu menunjukkan performa terbaiknya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN