Kesehatan

Rencana Kerja Sama Fakultas Kedokteran UKI Jakarta dengan "Johns Hopkins Center for Communication Program" (JHCCP)

25 Januari 2019   19:12 Diperbarui: 30 Januari 2019   12:07 71 0 0
Rencana Kerja Sama Fakultas Kedokteran UKI Jakarta dengan "Johns Hopkins Center for Communication Program" (JHCCP)
dokpri

Pada hari Jum'at 25 Januari 2018 bertempat di gedung Graha William Soeryadjaya lantai 4 Fakultas Kedokteran (FK) UKI Jakarta dilakukan rencana kerjasama FK UKI  dengan Johns Hopkins Center for Communication Program (JHCCP). Community Outreach and sosial media coordinator JHCCP Dinar Pandan Sari memaparkan  visi perencanaan keluarga dan  misi JHCCP sebagai penyedia akurasi informasi, inovasi dengan pemanfaatan digital dan dampak sosial.

Aplikasi teknik penyuluhan yang dikembangkan JHCCP berbasis teknologi informasi dan website SKATA (asal kata dari seia sekata dengan pasangan untuk perencanaan keluarga) merupakan aplikasi yang diluncurkan atas kerjasama JHCCP dengan BKKBN dibawah program My Choice (Pilihanku) untuk menjangkau masyarakat dengan informasi akurat tentang Keluarga Berencana melalui pemanfaatan teknologi online dan media sosial. 

Pengguna aplikasi skata saat ini diatas 700.000 tersebar di beberapa lokasi di Indonesia, terutama di pulau Jawa yang mayoritas adalah ibu-ibu muda berusia 20-35 tahun.

Bentuk kerjasama yang ditawarkan JHCCP pada fakultas kedokteran UKI antara lain adalah pelatihan untuk kader petugas lapangan KB, pengembangan artikel, kulwap (kuliah whatsapp), live streaming konsultasi di media sosial, tanya skata di Instagram maupun pengembangan video. Hadir pada rapat kerjasama ini adalah dekan Fakultas Kedokteran UKI, Dr. dr. Robert Hotman Sirait.,SpAn Wakil dekan 1, Dr. dr. Forman Erwin Siagian.,M.Biomed, Wakil dekan 2 Dr. Drs. Trini Suryowati.,MS dan Wakil dekan 3, dr. Louisa Asiantje Langi.,MSi serta kepala departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat/Kedokteran Komunitas FK UKI Dr.dr. Sudung Nainggolan MH.Sc

Diharapkan dengan adanya kerjasama antara FK UKI  dengan Johns Hopkins Center for Communication Program (JHCCP) mahasiswa mahasiswi FK UKI Jakarta dapat mengembangkan dan mengaplikasikan teknik komunikasi informasi dan edukasi (KIE) tentang berbagai hal dibidang kesehatan termasuk KIE upaya perbaikan gizi guna pencegahan stunting yang saat ini menjadi program unggulan departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat/Kedokteran Komunitas pada desa binaan FK UKI di Kabupaten Sumedang Jawa Barat.

"Selamat Hari Gizi Nasional ke 59, 25 Januari 2019, Fakultas Kedokteran UKI Jakarta siap bersama membangun gizi menuju bangsa sehat berprestasi."