Mohon tunggu...
Lucky Rafli Abdillah
Lucky Rafli Abdillah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa MPI

Mahasiswa UIN Malang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Kegiatan Minggu Kedua KKM UIN Maulana Malik Ibrahim Malang di Desa Purworejo Kecamatan Ngantang

23 Januari 2022   19:11 Diperbarui: 23 Januari 2022   19:16 91 1 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Kegiatan KKM pada minggu ke dua lebih fleksibel karena banyak kegiatan yang sudah hampir terjadwal pada minggu pertama. Namun pada bidang social masih ada program yang harus terjadwal yaitu tentang UMKM Kerupuk Lempeng. Pada hari senin tepatnya tanggal 03 Januari 2022, kami mahasiswa KKM uin malang melaksanakan kunjungan ke kediaman ibu LILIK selaku salah satu anggota PKK dan pembuat kerupuk lempeng. Kediaman ibu lilik berada di dusun pakan tepatnya tidak jauh dari Masjid Al-Ikhlas Dusun Pakan Desa Purworejo. Pada hari itu kami di ajak untuk belanja bahan serta bumbu dalam pembuatan kerupuk lempeng. Sehubungan bahan utamanya belum tersedia yaitu singkong, maka pada hari itu kegiatan siang kami hanya belanja bumbu dan mengupas bawang dll untuk bumbu pembuatan kerupuk. Pada malam harinya kami melakukan kunjungan ke kediaman bpk widodo selaku ketua Rt tempat kami tinggal. Lokasi kediaman beliau tidak jauh dari tempat kami tinggal dan bersebelahan di mushola. Beliau memberikan beberapa pesan kepada kami "disini budaya dan agama sangat kental, jadi pesan saya jangan heran namun kalo bisa di ikuti, dan kalau ada apa apa masalah atau butuh bantuan sampaikan, insyaaallah kami akan membantu" tutur kata dari pak widodo selaku ketua RT setempat.

Melanjutkan pembuatan kerupuk lempeng, pada hari selasa tanggal 4 januari 2022, kami mulai membuat kerupuk lempeng, yaitu mulai dari mengupas singkong, memotong, menjemur sampai singkong tersebut menjadi tepung. Kegiatan itu juga di hadiri oleh Bpk siswaji selaku Kepala desa purworejo beserta istri. Kerupuk lempeng adalah salah satu UMKM dari desa purworejo. Selain bahan utama yaitu singkong, terdapat bahan tambahan yaitu bawang puih bawang merah seledri, garam, penyedap rasa, ketumbar dll. pada hari itu kami juga belajar cara mencetak adonan kerupuk yaitu saat menuangkan sedikit adonan kedalam cetakan kemudian di kukus sebentar dan di ambil serta menjemur kerupuk lempeng. Selain dari itu bpk siswaji selaku kepala desa menuturkan bahwa alat pemotong kerupuk adalah milik pkk dan harus di jaga. Oleh sebab itu pada hari itu juga kami beserta Ibu kepala desa serta bpk siswaji melakukan Foto bersama untuk penyerahan alat pemotong tersebut ke pihak pkk.

Kegiatan pada tanggal 5 januari tepatnya pada hari rabu. Kami berpartisipasi dalam kegiatan penyuluhan kelompok tani. Kegiatan tersebut dilaksanakan sejak pukul 08.30 sd selesai. Kegaiatan tersebut adalah kegiatan yang dilakukan oleh dinas pertanian yang di tunjukan kepada kelompok tani desa purowejo. Kegiatan tersebut membahas tentang peningkatan pertanian serta pembuatan embung desa. Dalam acara tersebut juga dihadiri oleh enam kelompok tani desa purworejo. Satu kelompok diwakili oleh 3 orang. Kemudian melanjutkan kegiatan pada hari selasa yaitu tanggal empat Januari 2022, kegiatan pada yanggal 6 januari 2022 yaitu pengolahan kerupuk lempeng dengan varian rasa. Kegiatan di tanggal 4 yaitu hanya dengan rasa original namun pada tanggal 6 kami belajar menambahkan rasa pada kerupuk lempeng. Rasa yang akan di tambahkan pada kerupuk terdapat 5 varian rasa yaitu: rasa pedas, rasa udang, rasa original, rasa bawang merah, rasa cumi. Namun pada kegiatan hari ini kami hanya dapat membuat dua varian rasa yaitu pedas dan rasa bawang merah.

Kegiatan pada tanggal 7 januari 2022 di awali dengan informasi kegiatan vaksin dari Polides Purworejo. Vaksin tersebut di berikan kepada anak usia dibawah 12 tahun yaitu pada anak sekolah dasar. Vaksin tersebut dilakukan di tiga lembaga sekolah yang berbeda. Yaitu SDN 1 Purworejo terletak di dusun pakan, SDN 2 Purworejo yang terletak di dusun Binangsri dan SDN 3 Purworejo yang terletak di dusun Jeruk. Kegiatan tersebut dilakukan pada waktu yang bersamaan. Yaitu pada pukul 08.00 Wib. Oleh sebab itu jumlanh angota kelompok KKM UIN Malang di bagi menjdi 3 Kelompok yaitu dengn pembagian 4 orang di SDN 1 Purworejo, 3 orang di SDN 2 Purworejo dan 4 Orang di SDN 3 Purworejo. Kami di tugaskan untuk membantu dalam pendaftaran dan screening data siswa kedalam web PCare Vaksin.

Kegiatan pada tanggal 8 januari 2022 yaitu kegiatan bersama karang taruna desa purworejo. yaitu kegiatan yang berkaitan dengan realisasi pembuatan jaring gawang. Kegiatan tersebut dilaksanakan karena beberapa bagian gawang belum tertutup oleh jarring. Selain itu kami bersama karang taruna membuat tempat duduk untuk penonton. Kegiatan tersebut dilakukan sejak pukul 08.00 Wib sd selesai. Kemudian kegiatan KKM minggu ke 2 di tutup dengan ikut sertanya mahasiswa kkm dalam acara Majelis Ta'lim yang di adakan di dusun pakan desa Purworejo. kegiatan tersebut dilakukan pada hari minggu tanggal 9 Januari 2022. Mahasiswa bersama karang taruna mempersiapkan lokasi mulai pukul 08.30 sd pukul 11.30 Wib. Kemudian acara dimulai sejak pukul 13.00 Wib sd selesai. Acara Bpk camat serta bpk kepala desa purworejo. Acara tersebut adalah acara rutin setiap bulan yang diadakan oleh Lembaga dakwah NU. Saat acara berlangsung mahasiwa beserta karang taruna membantu dalam bagian Konsumsi serta Keamanan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan