Mohon tunggu...
Lucky Marain
Lucky Marain Mohon Tunggu... Lainnya - Pelajar

Pelajar

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pancasila sebagai Nilai Dasar

3 Desember 2021   12:02 Diperbarui: 3 Desember 2021   12:18 128 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Nilai dasar adalah sesuatu yang dianggap berharga, bermutu dan menujukkan kualitas yang berguna bagi bangsa dan negara. Nilai nilai dasar ini meliputi segala aspek yang berdasarkan nilai Pancasila yang nantinya berguna bagi rakyat Indonesia. Selain itu negara yang memiliki dasar yang kokoh dan kuat akan mejadikan negara tersebut akan menjadi maju dan berdiri tegak. 

Selanjutnya jika negara memiliki dasar negara yang tidak kuat atau lemah makan akan menjadikan negara tersbut akan lebih mudah tergoyahkan karena tidak memiliki nilai dasar atau acuan.

Sifat nilai dasar Pancasila merupakan hakikat dari kelima sila yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, dan keadilan. 

Nilai pancasila termasuk nilai dasar yang bersifat universal. Sehingga, dalam nilai dasar tersebut terkandung cita-cita, tujuan, serta nilai-nilai yang baik dan benar untuk mencapai segala tujuan negara.

Selain itu nilai nilai dasar Pancasila tersbut memiliki nilai-nilai dan arti yang dapat dijadikan sumber dasar bernegara yang bisa diwujudkan dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan, dirumah dan disegala aspek. Dengan adanya Pancasila sebagai nilai dasar dan menjadi sumber hukum yang ada di Indonesia diharapkan bisa diterapkan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan