Mohon tunggu...
Lucia Heart
Lucia Heart Mohon Tunggu... Blog ini akan membahas berbagai info keren
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Keren

Selanjutnya

Tutup

Digital

Apa Itu Wi-fi?

15 Juli 2020   10:37 Diperbarui: 15 Juli 2020   10:36 39 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Apa Itu Wi-fi?
pixabay.com

Ke mana pun Anda pergi, Anda barangkali dapat mendengar istilah "Wi-Fi." Mungkin restoran yang mengklaim mempunyai Wi-Fi gratis atau kawan yang menghendaki kata sandi Wi-Fi. Anda pakai Wi-Fi tiap-tiap saat, tetapi ada peluang bagus bahwa Anda tidak terlampau tahu apa itu atau bagaimana langkah kerjanya. Beberapa orang barangkali memberi tahu Anda bahwa Wi-Fi hanya istilah lain untuk internet, tetapi itu tidak seutuhnya benar.

Ada banyak yang kudu dipelajari tentang bagaimana teknologi nirkabel bekerja dan bagaimana Anda bisa pakai Sewa Wifi Indonesia  untuk meningkatkan pengalaman Anda di web.

Bagaimana langkah kerja Wi-Fi?

Meskipun Wi-Fi biasanya digunakan untuk mengakses internet pada perangkat portabel seperti smartphone, tablet, atau laptop, pada kenyataannya, Wi-Fi sendiri digunakan untuk mengakses ke router atau titik akses lainnya, yang pada gilirannya sedia kan akses internet. Wi-Fi adalah koneksi nirkabel ke perangkat itu, bukan internet itu sendiri. Ini terhitung sedia kan akses ke jaringan lokal berasal dari perangkat yang terhubung, itulah sebabnya Anda mampu mencetak gambar secara nirkabel atau memandang umpan video berasal dari kamera yang mengakses Wi-Fi tanpa wajib mengakses secara fisik bersama mereka.

Alih-alih memanfaatkan koneksi kabel layaknya Ethernet, Wi-Fi memanfaatkan gelombang radio untuk mengirimkan informasi pada frekuensi tertentu, biasanya pada 2,4GHz dan 5GHz. Namun, tersedia banyak lainnya yang digunakan di dalam pengaturan ceruk yang lebih banyak. Setiap rentang frekuensi miliki sebagian saluran yang sanggup dioperasikan oleh perangkat nirkabel, mendukung menyebarkan beban supaya tiap-tiap perangkat tidak menyaksikan sinyalnya ramai atau terganggu oleh lantas lintas lain - biarpun itu terjadi pada jaringan yang sibuk.

Jangkauan khas jaringan Wi-Fi standar sanggup raih hingga 100 meter di hawa terbuka. Bangunan dan bahan lainnya mencerminkan sinyal, memicu sebagian besar jaringan Wi-Fi jauh lebih sempit dari itu. Biasanya, kisaran 10-35 meter lebih umum. Kekuatan antena dan siaran frekuensi terhitung sanggup berdampak pada jangkauan efektif jaringan. Frekuensi yang lebih tinggi layaknya 5GHz dan 60GHz miliki jangkauan efektif yang jauh lebih pendek daripada 2.4GHz.

Siapa pun yang berada di dalam jangkauan jaringan dan perangkat Wi-Fi yang cocok sanggup mendeteksi jaringan dan mengupayakan menyambungkannya. Itulah yang memungkinkannya untuk beroperasi di pengaturan khusus dan publik, tetapi perihal itu mengakibatkan kecemasan atas keamanan. Itulah mengapa standar layaknya WPA, WPA2, dan WPA3 tersedia dan mengapa terlampau penting untuk merubah kata sandi Anda jika Anda berpikir seseorang terhubung jaringan Anda tanpa izin.

Apa itu 802.11?

Sering dibicarakan dengan dengan Wi-Fi, 802.11, atau IEEE 802.11, adalah seperangkat protokol yang pilih model komunikasi yang dapat berlangsung terhadap jaringan Wi-Fi terhadap berbagai frekuensi nirkabel.

Sebelum pergantian paling baru dalam konvensi penamaan, 802.11 terhitung merupakan komponen signifikan berasal dari nama untuk tiap-tiap generasi berturut-turut konektivitas Wi-Fi. Biasanya diikuti oleh surat atau serangkaian huruf, itu konsisten jadi bagian berasal dari nama tekhnis untuk tiap-tiap generasi Wi-Fi. Namun, saat ini ada skema penamaan yang lebih simpel digunakan, diberi label oleh generasi.

Perangkat apa yang menggunakan Wi-Fi?

Perangkat Wi-Fi ada di mana-mana. Sebagian besar router menawarkan konektivitas Wi-Fi, dan hampir seluruh produk dengan manfaat pandai terkait padanya untuk koneksi yang mantap dan kuat ke internet. Hampir seluruh smartphone moderen mendukungnya, seperti halnya tablet, laptop, dan beberapa desktop. Dapat ditambahkan ke computer manfaatkan dongle USB juga.

Smart TV hampir senantiasa singgah dengan dukungan untuk konektivitas Sewa Wifi Indonesia dan banyak perangkat Internet of Things seperti kulkas dan kamera pandai juga. Ada juga printer Wi-Fi, pemindai, jam, konsol game, radio digital, dan lebih-lebih mobil. Kasing pemakaian untuk Wi-Fi hampir tak terbatas saat Anda perhitungkan banyak variasi layanan yang terhubung.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x