Mohon tunggu...
Wardhani Lubis
Wardhani Lubis Mohon Tunggu... Konsultan - LEAD Fellow Cohort-9

learn and live the moment !

Selanjutnya

Tutup

Medan

Peringati Hari Baden-Powell Pramuka Medan Polonia Bagi Masker

23 Februari 2022   15:09 Diperbarui: 23 Februari 2022   15:15 183 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

(Medan, 22/9) Ancaman virus Covid-19 dengan berbagai nama barunya masih mengintai kita. Sayangnya banyak masyarakat yang justru beranggapan sebaliknya, abai dengan protokol kesehatan bahkan menafikan bahwa kenaikan kasus Covid-19 belakangan ini bukan karangan belaka. 

Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Medan Polonia (Pramuka Mepol) mengangkat tema itu pada Peringatan 165 Tahun Baden Powell yang diselenggarakan di Taman Beringin Medan tepat pada jam 2 tanggal 22 bulan 2 tahun 2022. 

Kegiatan diawali dengan Apel Gudep se-Kwarran Medan Polonia, Renungan Pesan Terakhir Baden-Powell, dan pembagian masker serta penyadaran prokes kepada masyarakat umum di sekitar taman.

Dokpri
Dokpri

Hari Baden Powell atau yang juga dikenal dengan Founders Day adalah tanggal kelahiran Lord Robert Stephenson Smyth Baden-Powell yaitu 22 Februari 1857. Beliau adalah seorang tentara Inggris, penulis, dan pendiri gerakan kepanduan dunia. 

Baden Powell berperan penting sebagai penggerak awal pramuka di seluruh dunia. Melansir dari Scouts.org, Baden Powell awalnya menginisiasi kegiatan 'Scouting for Boys' di pulau Brownsea. Baden mengumpulkan 22 anak laki-laki dan membawa mereka berkemah. Kegiatan tersebut adalah awal mula dari Gerakan Pramuka. Pada tahun berikutnya, Baden Powell menerbitkan buku pedoman 'Scouting for Boys'.

Dokpri
Dokpri
Pedoman itu pun laris-manis dan dipraktikkan oleh banyak anak laki-laki. Buku tulisan Baden Powell itu menyebar di seluruh dunia, bahkan telah diterjemahkan ke berbagai bahasa di seluruh dunia. Pada tahun 1910, di usia Baden Powell yang ke-53, dia pensiun sebagai tentara dan mengabdikan hidupnya untuk gerakan pramuka. 

Baden Powell berkeliling dunia menginspirasi lebih banyak anak muda untuk bergabung dengan pramuka. Pada tahun 1920 di Inggris, dilangsungkan jambore pertama di dunia, di mana ada sekitar 8.000 anggota dari 34 negara. Dari situlah Baden Powell dinobatkan sebagai Bapak Pramuka Dunia yang dibawanya hingga akhir hayat. 

Beberapa pesan Baden-Powell yang sangat menginspirasi diantaranya adalah "... Jalan nyata menuju kebahagiaan ialah dengan cara membahagiakan orang lain. Berusahalah agar supaya kamu dapat meninggalkan dunia ini dalam keadaan yang lebih baik daripada tatkala kamu tiba di dalamnya..." dan banyak pesan2 lainnya. 

Dokpri
Dokpri

Selamat memperingati Hari BP yang sangat istimewa tahun ini karena tepat di tanggal 22-2-22. 

Tetap memandu! 

Salam Pramuka!!!

Mohon tunggu...

Lihat Konten Medan Selengkapnya
Lihat Medan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan