Mohon tunggu...
Wardhani Lubis
Wardhani Lubis Mohon Tunggu... LEAD Fellow

ibu 2 anak, pembelajar sejati, penyuka beragam hobi. Semoga menginspirasi....

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Rakerda Pramuka Sumut Tekadkan Kiprah Kerjasama Luar Negeri

28 Desember 2019   22:38 Diperbarui: 28 Desember 2019   22:33 53 0 0 Mohon Tunggu...
Rakerda Pramuka Sumut Tekadkan Kiprah Kerjasama Luar Negeri
19-12-19-16-21-02-310-deco-5e0775e0097f36343d6cf3c2.jpg

RAKERDA PRAMUKA SUMUT TEKADKAN KIPRAH KERJASAMA LUAR NEGERI

Selang sepekan kepengurusan Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Sumatera Utara resmi dikukuhkan, Rapat Kerja Daerah (Rakerda) langsung digelar untuk menyusun program kerja selama setahun ke depan. Rakerda yang dihadiri oleh utusan Kwartir Cabang se-Sumatera Utara ini berlangsung pada tanggal 27-29 Desember 2019 di Hotel Grand Kanaya Medan.

Salah satu rancangan yang cukup menarik perhatian adalah paparan bidang Kerjasama Luar Negeri. Komisi yang baru muncul di kepengurusan Kwardasu periode ini dimaksudkan sebagai katalisator bagi kiprah Pramuka Sumut di kancah internasional. 

"Saat ini ada sekitar 50 juta anggota organisasi kepanduan dunia, dan setengahnya adalah orang Indonesia yaitu anggota Gerakan Pramuka. Sudah saatnya Pramuka Indonesia berperan aktif di kepanduan dunia." Demikian Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Kak Komjen (Purn.) Drs. Budi Waseso mengamanatkan pada Kepengurusan Kwardasu saat pelantikan tanggal 19 Desember 2019 yang lalu.

Seruan Ketua Kwarnas tersebut menjadi dasar penyusunan Program Kerja Kwardasu Bidang Kerjasama Luar Negeri Tahun 2020, yang meliputi program regional/global seperti World Scout Conference, Jogja International Scout Camp, Latihan Bersama dengan Pengakap Kelana University Sains Malaysia, peningkatan kapasitas lembaga dan membangun jaringan kerjasama, serta Program Pertukaran Pelajar Pramuka (Student Scouts Exchange).

Sekretaris Bidang Kerjasama Luar Negeri Kwardasu, Kak DR. Prawidya Hariani RS, dalam paparannya menyatakan sikap optimistis untuk dapat merealisasikan kegiatan yang telah dirancang untuk kemajuan Pramuka Sumut. "Kebangkitan kembali Pramuka Sumut harus dibarengi dengan semangat perubahan, berubah ke arah yang lebih baik, ber-etika dan bermartabat." pungkasnya. [y]

#ISJ0275
#SetiapPramukaAdalahPewarta

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x