Mohon tunggu...
Novi lubis
Novi lubis Mohon Tunggu... mulai aja dulu

lihat, perhatikan, tuliskan.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Karya Inspirasi Indonesia Dukung Peningkatan Kompetensi Generasi Muda Nias

23 November 2019   18:29 Diperbarui: 23 November 2019   18:31 10 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Karya Inspirasi Indonesia Dukung Peningkatan Kompetensi Generasi Muda Nias
foto arsip kegiatan - pribadi

Karya Inspirasi Indonesia (KII), Profesional Education and Even Organizer Company, yang telah melatih puluhan ribu pelajar, mahasiswa, serta tenaga pendidik dalam bahasa inggris, hadir di Nias pada Sabtu (9/11/12) dan Minggu (10/11/12).

Sesuai dengan visinya, KII menunjukan keseriusannya dalam untuk mendukung peningkatan kompetensi generasi muda khusunya di dalam penguasaan bahasa Inggris. Oleh karena itu, Karya Inspirasi Indonesia tidak hanya hadir di kota-kota besar, tetapi juga hadir di daerah-daerah yang sedang berkembang.

Setelah sukses menggelar seminar dan pelatihan bahasa inggris di beberapa kota di Sumatera Utara, Karya Inspirasi Indonesia hadir di Nias. Nias adalah salah satu daerah yang terus berkembang di Sumatera Utara. Pemerintah terus berupaya untuk mendukung pengembangan wilayah ini khusunya di sektor perekonomian dan pariwisata. Nias memiliki posisi yang strategis, 360 derajat dikelilingi laut yang dapat membetuk segitiga dagang dengan Aceh dan Sumatera Barat, sehingga memiliki potensi yang baik untuk perekonomian mendatang.

Pemerintah juga berjuang menjadikan Nias sebagai situs warisan dunia UNESCO, karena masayarakat di beberapa wilayah Nias masih memegang teguh adat istiadatnya. Seperti desa adat Bawomatul yang terus melestarikan adat dan tradisi mereka yaitu lompat batu. 

Tradisi lompat batu sering menjadi ikon yang diidentikan dengan Nias itu sendiri, dan menjadi buruan para wisatawan. Selain itu, Nias memiliki banyak pantai yang banyak diburu para wisatawan bahkan wisatawan mancanegara. Seperti pantai Sorake. Hampir setiap tahunnya diadakan kompetisi Surfing tingkat nasional maupun internasional di pantai ini.

Namun dari segi Indeks Pembangunan Manusia (IPM), Nias masih terbilang rendah dibandingkan dengan wilayah lain. Padahal Nias memiliki potensi yang sangat baik. Karena itu, pengembanyan Sumber Daya Manusia harus terus diupayakan.

Karya inspirasi Indonesia menyadari hal ini, khusunya kompetensi generasi muda dalam bahasa Inggris. Padahal penguasaan bahasa Inggris memungkinkan kemaksimalan dalam pengembangan Nias di bidang pariwisata dan perekonomian. 

Oleh sebab itu, Karya Inspirasi Indonesia menyelenggarakan seminar dan pelatihan bahasa Inggris terbesar bagi generasi muda sebagai bentuk keseriusan dalam mendukung pengembangan sumber daya manusia di Nias.

Rizki Ananda Nst selaku direktur utama Karya Inspirasi Indonesia mengatakan dalam kata sambutuannya akan serius menggelar beberapa seminar dan pelatihan di beberapa kota di Indonesia guna untuk membantu pemerintah dalam mengembangkan Sumber Daya Manusia terkhusus pemuda, dan kali ini berada di Kota Gunung Sitoli, Nias. Beliau pun berterimakasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung pelaksanaan seminar tersebut sehingga dapat berjalan Sukses.

Selama seminar, peserta dipahamkan tentang pentingnya bahasa inggris. Berbeda dengan yang selama ini diyakini beberapa peserta bahwa bahasa Inggris itu sulit dan menakutkan, trainer Ilham Saheri membawakan pelatihan dengan metode yang menyenangkan dan mudah difahami oleh peserta. Ilham saheri menyampaikan sejumlah tips dalam belajar yaitu Partisipasi, kesenangan, mendengar dan respect. 

"Jika semua peserta mengikuti semuanya dengan baik saya yakin mereka pasti dapat mengaplikasikan materi materi tersebut dalam kehidupan sehari-hari, bahasa inggris itu tidak sulit, asal digunakan secara terus menerus, " Jelasnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN