Pandemi Covid-19 sangat berdampak terhadap seluruh aktivitas masyarakat di Indonesia. Salah satu yang terkena dampaknya yaitu bidang pendidikan. Sekolah sebagai sarana untuk proses kegiatan pembelajaran juga terpaksa harus dilakukan secara daring (dalam jaringan). Lingkungan sekolah harus menyesuaikan antara kebutuhan guru, siswa, dan kurikulum yang berlaku. Sehingga diperlukan kerjasama dari seluruh pihak yang terlibat dalam bidang pendidikan.Â
Seorang guru harus mampu memberikan media pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal tersebut bertujuan agar proses pembelajaran menjadi lebih efektif dan siswa tidak merasa jenuh selama proses pembelajaran secara daring (dalam jaringan). Salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh guru untuk meningkatkan motivasi belajar siswa yaitu dengan memilih video pembelajaran yang menyenangkan dan memiliki daya tarik tersendiri bagi siswa.Â
Pemilihan media pembelajaran yang tepat, asyik, dan informatif  juga dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hasil belajar tersebut dapat dijadikan tolak ukur dari proses pembelajaran untuk menentukan berhasil atau tidaknya proses pembelajaran yang telah dilakukan.Â
Supryadi pada tahun 2013 menyatakan bahwa kegiatan pembelajaran menggunakan media video dapat meningkatkan suasana belajar yang menyenangkan, tidak merasa jenuh, dan dapat memberikan informasi tentang materi pembelajaran secara jelas.Â
Maka dari itu seorang guru harus mampu menyiapkan dan memberikan media pembelajaran yang tepat guna meningkatkan motivasi belajar siswa walaupun proses kegiatan pembelajaran dilakukan secara daring (dalam jaringan).Â
Penulis: Laily Rizki Meilani dan Elis Mediawati | KKN Tematik Universitas Pendidikan Indonesia 2021
Sumber: Hadi, S. (2017). Efektivitas Penggunaan Video Sebagai Media Pembelajaran untuk Siswa Sekolah Dasar. In Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran dan Pendidikan Dasar, (96-102).Â