Mohon tunggu...
LPPM UIB
LPPM UIB Mohon Tunggu... VISI & MISI LPPM Menjadikan lembaga berdaya saing global yang menghasilkan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat berbasis IPTEKS dan publikasi internasional, serta menghasilkan wirausahawan yang kreatif dan inovatif yang membawa dampak dalam pembangunan industri dan masyarakat khususnya di kepulauan Riau.Dan mengembangkan penelitian dasar dan terapan berbasis ipteks yang bersifat analitis, aplikatif, inovatif dan terkini, Mengembangkan pengabdian kepada masyarakat yang bersifat humanis, berdaya guna dan berkelanjutan. Mendorong output hasil penelitian dan pengabdian masyarakat berorientasi publikasi internasional. Meningkatkan kerjasama nasional dan internasional dibidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Meningkatkan kualitas kewirausahan yang berdaya saing global. Meningkatkan standrt mutu manajemen dan layanan lembaga dibidang penelitian.

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Internasional Batam

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Workshop Akreditasi Jurnal dan Pengelolaan OJS

26 November 2020   11:42 Diperbarui: 26 November 2020   11:46 24 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Workshop Akreditasi Jurnal dan Pengelolaan OJS
Dok. LPPMUIB

Batam, 18 November 2020. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Internasional Batam (UIB) mengadakan kegiatan Workshop Akreditasi Jurnal dan Pengelolaan OJS. Workshop ini dihadiri oleh Bpk. Moh. Fauziddin selaku pembicara dan dihadiri oleh seluruh dosen Universitas Internasional Batam. 

Kegiatan ini terbagi menjadi dua sesi. Pada sesi pertama, membahas Manajemen Pengelolaan OJS dan Persiapan Borong Akreditasi Jurnal.  Dan pada sesi kedua memabahas Strategi dan tahapan dalam proses Akreditasi Jurnal di ARJUNA

Dok. LPPMUIB
Dok. LPPMUIB
Jurnal ilmiah adalah bentuk pemberitaan atau komunikasi yang memuat karya ilmiah dan diterbitkan berjadwal dalam bentuk elektronik dan tercetak. Bagi dunia akademis, jurnal merupakan salah satu indikator penting dalam perkembangan keilmuan.  

OJS (Open Journal System) adalah  salah satu produk open source dari PKP (Public Knowlegde Project) yang khusus digunakan untuk mengelola jurnal online

Pada OJS, terdapat etika publikasi atau aturan yang sudah disepakati dalam menerbitkan hasil penelitian ilmiah atau karya ilmiah lainnya seperti, larangan menerbitkan ulang karya orang lain tanpa penghargaan yang tepat, larangan plagiarisme atas karya orang lain, data dan informasi yang dipublikasikan harus bersifat orisinil. 

Tujuan adanya etika publikasi adalah untuk menjamin akurasi temuan penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan, melindungi hak kekayaan intelekual peneliti, melindungi obyek penelitian dari pemalsuan dan perusakan, menjaga reputasi ilmuwan dan menegakkan etika moral dalam berperilaku ilmiah.

Dok. LPPMUIB
Dok. LPPMUIB
Menulis jurnal terakreditasi tidak seperti menulis artikel pada umunya. Terdapat beberapa persyaratan dalam pengajuan akreditasi jurnal. Hal ini bertujuan agar akreditasi jurnal dikembangkan sebagai sarana untuk mengukur apakah suatu jurnal sudah memenuhi syarat minimum mutu penerbitan ilmiah. 

Dok. LPPMUIB
Dok. LPPMUIB
Berikut Persyaratan Jurnal Ilmiah untuk terakreditasi sesuai dengan Permenristekdikti No. 9 Tahun 2018, Pedoman Akreditasi jurnal Hal.221:    

1.  Adanya dewan penyunting atau editor min. 5 orang yaitu, 

  • Editorial Chief.
  • Managing Editor.
  • Editorial Board.

2. Adanya Mitra bestari ( reviewer ) dari berbagai institusi atau organisasi yang berbeda dengan min.5 orang. Reviewer harus sesuai dengan bidang keilmuan supaya wawasannya luas dan juga tidak bersifat objektif.

  • Double Blind   : Penulis tidak mengetahui reviewer dan reviewer tidak mengetahui penulis.
  • Single Blind     : Penulis mengetahui reviewer dan reviewer mengetahui penulis.

3. Author Guidelines. Berisi template dan full text yang diupload dengan kententuan, kesesuaian, konsisten yang sesuai dengan kaidah ilmiah. Struktur author guidelines terbagi menjadi 2, dengan IMRAD dan Non-IMRAD. Berikut stuktur dari artikel pada jurnal :

  • Tittle (judul);
  • Author dan Afiliasi;
  • Abstract;
  • Keywords (kata kunci);
  • Main Texts (IMRAD /Non-IMRAD);
  • Introduction (pendahuluan);
  • Methods (bahan,material dan metode);
  • Resultas (hasil);
  • Discussion (pembahasan);
  • Coclusions (simpulan);
  • Acknowledgement (ucapan terima kasih);
  • References (referensi);
  • Supplementary Materials (if any).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN