Mohon tunggu...
Julianda BM
Julianda BM Mohon Tunggu... Administrasi - ASN pada Pemerintah Kota Subulussalam, Aceh

Penulis buku "Eksistensi Keuchik sebagai Hakim Perdamaian di Aceh". Sudah menulis ratusan artikel dan opini. Bekerja sebagai ASN Pemda. Masih tetap belajar dan belajar menulis.

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Belajar dari Negara Lain: Mengapa Bersepeda Menjadi Gaya Hidup Populer di Berbagai Negara?

10 Mei 2024   11:06 Diperbarui: 10 Mei 2024   11:08 119
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi Sepeda. Sumber gambar: Pixabay.com via www.tvonenews.com

Oleh: Julianda BM

Di era modern ini, isu lingkungan dan kesehatan menjadi perhatian utama bagi banyak negara. Berbagai upaya dilakukan untuk menciptakan lingkungan yang lebih hijau dan menyehatkan, salah satunya dengan mendorong gaya hidup ramah lingkungan seperti bersepeda.

Fenomena bersepeda yang kian populer di berbagai negara menarik untuk ditelaah. Artikel ini akan mengupas lebih dalam tentang faktor-faktor yang melatarbelakangi tren bersepeda di berbagai negara, dengan harapan dapat memberikan inspirasi dan pembelajaran bagi Indonesia.

Faktor Pendorong Popularitas Bersepeda di Berbagai Negara

1. Kesadaran akan Kesehatan dan Lingkungan


Salah satu faktor utama yang mendorong popularitas bersepeda adalah meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan dan lingkungan. 

Bersepeda merupakan aktivitas fisik yang menyehatkan, membantu membakar kalori, meningkatkan kekuatan otot dan stamina, serta menjaga kesehatan jantung dan paru-paru.

Selain itu, bersepeda juga merupakan alat transportasi yang ramah lingkungan. Bersepeda tidak menghasilkan emisi gas buang, sehingga dapat membantu mengurangi polusi udara dan emisi gas rumah kaca yang berkontribusi terhadap perubahan iklim.

2. Dukungan Infrastruktur dan Kebijakan Pemerintah

Banyak negara yang mendukung tren bersepeda dengan membangun infrastruktur yang memadai, seperti jalur sepeda yang aman dan nyaman. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun