Mohon tunggu...
Julianda BM
Julianda BM Mohon Tunggu... Administrasi - ASN pada Pemerintah Kota Subulussalam, Aceh

Penulis buku "Eksistensi Keuchik sebagai Hakim Perdamaian di Aceh". Sudah menulis ratusan artikel dan opini. Bekerja sebagai ASN Pemda. Masih tetap belajar dan belajar menulis.

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Kesepian akibat Tidak Kreatif, Jangan Abai!

3 Desember 2023   11:31 Diperbarui: 3 Desember 2023   11:34 81
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi. Sumber gambar: youngontop.com

Kesepian adalah perasaan yang tidak asing bagi manusia. Setiap orang pasti pernah merasakan kesepian, baik dalam waktu yang singkat maupun lama. 

Kesepian bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti kehilangan orang yang dicintai, pindah ke lingkungan baru, atau tidak memiliki teman yang dekat.

Namun, tahukah Anda bahwa kesepian juga bisa disebabkan oleh kurangnya kreativitas? Ya, kreativitas ternyata memiliki peran penting dalam mengurangi kesepian.

Kreativitas adalah kemampuan untuk menghasilkan sesuatu yang baru dan orisinal. Kreativitas bisa diekspresikan dalam berbagai bentuk, seperti seni, musik, menulis, memasak, atau olahraga.

Ketika kita melakukan aktivitas yang kreatif, kita akan merasa lebih bahagia dan terhubung dengan diri sendiri. Aktivitas kreatif juga dapat membantu kita untuk melepaskan stres dan kecemasan.

Sebaliknya, ketika kita tidak kreatif, kita akan merasa hampa dan tidak ada tujuan hidup. Hal ini dapat memicu timbulnya rasa kesepian.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa kesepian bisa disebabkan oleh kurangnya kreativitas:

Pertama, kreativitas membantu kita untuk terhubung dengan orang lain. Ketika kita melakukan aktivitas kreatif bersama orang lain, kita akan merasa lebih dekat dan terhubung dengan mereka. Hal ini karena kita memiliki minat yang sama dan dapat saling berbagi ide.

Kedua, kreativitas membantu kita untuk menemukan makna hidup. Ketika kita melakukan aktivitas kreatif, kita akan merasa bahwa hidup kita memiliki makna dan tujuan. Hal ini karena kita dapat mengekspresikan diri kita dan membuat dampak positif bagi dunia.

Ketiga, kreativitas membantu kita untuk mengatasi stres dan kecemasan. Aktivitas kreatif dapat membantu kita untuk melepaskan stres dan kecemasan. Hal ini karena ketika kita melakukan aktivitas kreatif, kita akan fokus pada hal yang kita sukai dan tidak memikirkan masalah-masalah yang ada.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun