Mohon tunggu...
Julianda BM
Julianda BM Mohon Tunggu... Administrasi - ASN pada Pemerintah Kota Subulussalam, Aceh

Penulis buku "Eksistensi Keuchik sebagai Hakim Perdamaian di Aceh". Sudah menulis ratusan artikel dan opini. Bekerja sebagai ASN Pemda. Masih tetap belajar dan belajar menulis.

Selanjutnya

Tutup

Nature Pilihan

Pengaruh Pembangunan Hijau terhadap Perekonomian Indonesia

30 November 2023   07:00 Diperbarui: 30 November 2023   07:06 65
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi. Sumber gambar: tirto.id

Pembangunan hijau adalah pembangunan yang berfokus pada aspek lingkungan, sosial, dan ekonomi. Pembangunan ini bertujuan untuk menciptakan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dengan tetap menjaga kelestarian lingkungan dan meningkatkan kesejahteraan sosial.

Pembangunan hijau memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perekonomian Indonesia. Pengaruh tersebut dapat dilihat dari berbagai aspek, antara lain:

1. Peningkatan produktivitas

Pembangunan hijau dapat meningkatkan produktivitas di berbagai sektor, seperti pertanian, industri, dan jasa. Hal ini dikarenakan pembangunan hijau menggunakan teknologi dan proses produksi yang lebih efisien dan ramah lingkungan.

Misalnya, penggunaan energi terbarukan dapat mengurangi biaya produksi di sektor industri. Selain itu, penerapan praktik pertanian berkelanjutan dapat meningkatkan produktivitas pertanian dan mengurangi kerusakan lingkungan.

2. Penciptaan lapangan kerja

Pembangunan hijau dapat menciptakan lapangan kerja di berbagai sektor, seperti energi terbarukan, efisiensi energi, dan pengelolaan limbah. Hal ini dikarenakan pembangunan hijau membutuhkan tenaga kerja yang terampil dan berpengalaman di bidang-bidang tersebut.

Pemerintah Indonesia telah menetapkan target untuk menciptakan 1,2 juta lapangan kerja di sektor energi terbarukan pada tahun 2030. Target ini diharapkan dapat membantu mengurangi pengangguran dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

3. Peningkatan daya saing

Pembangunan hijau dapat meningkatkan daya saing Indonesia di kancah internasional. Hal ini dikarenakan pembangunan hijau dapat menciptakan produk dan jasa yang lebih ramah lingkungan dan berkualitas tinggi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Nature Selengkapnya
Lihat Nature Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun