Mohon tunggu...
Julianda BM
Julianda BM Mohon Tunggu... Administrasi - ASN pada Pemerintah Kota Subulussalam, Aceh

Penulis buku "Eksistensi Keuchik sebagai Hakim Perdamaian di Aceh". Sudah menulis ratusan artikel dan opini. Bekerja sebagai ASN Pemda. Masih tetap belajar dan belajar menulis.

Selanjutnya

Tutup

Nature

Peran Pendidikan dalam Membangun Kesadaran Lingkungan

27 November 2023   17:52 Diperbarui: 27 November 2023   18:09 470
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi. Sumber gambar:bingar.id

"Lingkungan adalah guru terbaik kita. Ia mengajari kita tentang kehidupan, keseimbangan, dan keindahan." - John Muir

Ungkapan tersebut menggambarkan pentingnya lingkungan bagi kehidupan manusia. Lingkungan adalah tempat kita tinggal, tumbuh, dan berkembang. Lingkungan juga memberikan kita berbagai macam manfaat, mulai dari udara bersih, air bersih, makanan, hingga keindahan alam.

Namun, lingkungan juga menghadapi berbagai macam ancaman, seperti polusi, kerusakan hutan, dan perubahan iklim. Ancaman-ancaman tersebut dapat membahayakan kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya.

Untuk mengatasi ancaman-ancaman tersebut, diperlukan kesadaran lingkungan yang tinggi dari seluruh masyarakat. Kesadaran lingkungan adalah pemahaman dan sikap yang positif terhadap lingkungan. Kesadaran lingkungan dapat mendorong masyarakat untuk bertindak melindungi lingkungan.

Pendidikan memiliki peran penting dalam membangun kesadaran lingkungan. Pendidikan dapat memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang lingkungan kepada masyarakat. Pendidikan juga dapat menanamkan nilai-nilai yang positif terhadap lingkungan, seperti cinta lingkungan, tanggung jawab lingkungan, dan kepedulian lingkungan.

Berikut ini adalah beberapa peran pendidikan dalam membangun kesadaran lingkungan:

  • Memberikan pengetahuan tentang lingkungan

Pendidikan dapat memberikan pengetahuan tentang lingkungan kepada masyarakat, mulai dari komponen-komponen lingkungan, fungsi lingkungan, hingga masalah-masalah lingkungan. Pengetahuan tersebut dapat membantu masyarakat untuk memahami pentingnya lingkungan dan ancaman-ancaman yang dihadapinya.

  • Menanamkan nilai-nilai positif terhadap lingkungan

Pendidikan juga dapat menanamkan nilai-nilai positif terhadap lingkungan kepada masyarakat, seperti cinta lingkungan, tanggung jawab lingkungan, dan kepedulian lingkungan. Nilai-nilai tersebut dapat mendorong masyarakat untuk bertindak melindungi lingkungan.

  • Mengembangkan keterampilan dan kemampuan yang dibutuhkan untuk melindungi lingkungan

Pendidikan juga dapat mengembangkan keterampilan dan kemampuan yang dibutuhkan untuk melindungi lingkungan, seperti keterampilan pengelolaan sampah, keterampilan konservasi air, dan keterampilan penghijauan. Keterampilan dan kemampuan tersebut dapat membantu masyarakat untuk mengambil tindakan nyata dalam melindungi lingkungan.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan peran pendidikan dalam membangun kesadaran lingkungan, yaitu:

  • Menyisipkan materi lingkungan dalam kurikulum pendidikan

Materi lingkungan perlu disisipkan dalam kurikulum pendidikan, mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan tinggi. Materi tersebut dapat diberikan dalam mata pelajaran khusus, seperti pelajaran lingkungan hidup, atau dalam mata pelajaran lain, seperti pelajaran sains, pelajaran sosial, dan pelajaran bahasa Indonesia.

  • Meningkatkan kualitas pendidikan lingkungan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Nature Selengkapnya
Lihat Nature Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun