Mohon tunggu...
Julianda BM
Julianda BM Mohon Tunggu... Administrasi - ASN pada Pemerintah Kota Subulussalam, Aceh

Penulis buku "Eksistensi Keuchik sebagai Hakim Perdamaian di Aceh". Sudah menulis ratusan artikel dan opini. Bekerja sebagai ASN Pemda. Masih tetap belajar dan belajar menulis.

Selanjutnya

Tutup

Artificial intelligence Pilihan

Kecerdasan Buatan dan Nilai-Nilai Sosial

23 November 2023   15:30 Diperbarui: 23 November 2023   15:31 120
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi. Sumber: sariteknologi 

Kecerdasan buatan (AI) telah menjadi salah satu teknologi paling berpengaruh di dunia saat ini. AI telah merevolusi berbagai bidang kehidupan, mulai dari industri hingga kehidupan sehari-hari. Namun, selain dampak positifnya, AI juga memiliki potensi untuk memengaruhi nilai-nilai dan norma-norma sosial.

Pengaruh Positif AI

AI memiliki potensi untuk memengaruhi nilai-nilai sosial secara positif. Misalnya, AI dapat membantu mempromosikan nilai-nilai keadilan dan kesetaraan. AI dapat digunakan untuk mengembangkan sistem yang lebih adil dan tidak diskriminatif. Misalnya, AI dapat digunakan untuk mengembangkan sistem rekrutmen yang tidak bias gender atau ras.

AI juga dapat membantu mempromosikan nilai-nilai kebersamaan dan solidaritas. AI dapat digunakan untuk menghubungkan orang-orang dari berbagai latar belakang. Misalnya, AI dapat digunakan untuk mengembangkan platform media sosial yang lebih inklusif dan beragam.

Pengaruh Negatif AI

Namun, AI juga memiliki potensi untuk memengaruhi nilai-nilai sosial secara negatif. Misalnya, AI dapat digunakan untuk menyebarkan informasi yang salah dan propaganda. AI dapat digunakan untuk mengembangkan sistem yang invasif dan melanggar privasi. Misalnya, AI dapat digunakan untuk memantau aktivitas online orang-orang tanpa sepengetahuan mereka.

AI juga dapat digunakan untuk mempromosikan nilai-nilai yang destruktif, seperti kekerasan dan kebencian. Misalnya, AI dapat digunakan untuk mengembangkan senjata otonom yang dapat membunuh tanpa campur tangan manusia.

Tantangan dan Peluang

Pengaruh AI terhadap nilai-nilai sosial masih menjadi hal yang belum pasti. Namun, jelas bahwa AI memiliki potensi untuk mengubah cara kita memandang dunia dan berinteraksi satu sama lain.

Tantangan utama yang dihadapi dalam memaksimalkan pengaruh positif AI terhadap nilai-nilai sosial adalah memastikan bahwa AI dikembangkan dan digunakan secara bertanggung jawab. Hal ini membutuhkan adanya regulasi yang ketat dan kesadaran masyarakat akan potensi dampak AI.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Artificial intelligence Selengkapnya
Lihat Artificial intelligence Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun