Mohon tunggu...
Julianda BM
Julianda BM Mohon Tunggu... Administrasi - ASN pada Pemerintah Kota Subulussalam, Aceh

Penulis buku "Eksistensi Keuchik sebagai Hakim Perdamaian di Aceh". Sudah menulis ratusan artikel dan opini. Bekerja sebagai ASN Pemda. Masih tetap belajar dan belajar menulis.

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Menulis Lima Belas Menit, Pasti Bisa!

15 November 2023   20:15 Diperbarui: 15 November 2023   21:08 55
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Menulis adalah salah satu keterampilan penting yang harus dimiliki oleh setiap orang. Dengan menulis, kita dapat mengekspresikan diri, menyampaikan informasi, dan menuangkan ide-ide kita. 

Namun, bagi sebagian orang, menulis bisa menjadi hal yang sulit dan melelahkan. Mereka merasa tidak punya waktu untuk menulis, atau merasa tidak memiliki ide yang bagus.

Jika Anda termasuk salah satu orang yang merasa kesulitan menulis, jangan khawatir. Anda tidak sendirian. Ada banyak orang yang juga merasa kesulitan menulis. Namun, dengan latihan dan kemauan yang kuat, Anda pasti bisa menulis dengan baik.

Salah satu cara untuk memulai menulis adalah dengan meluangkan waktu selama lima belas menit setiap hari. Lima belas menit mungkin terdengar singkat, tetapi itu sudah cukup untuk membuat kemajuan dalam menulis Anda.

Berikut adalah beberapa tips untuk menulis lima belas menit setiap hari:

Pertama, pilih waktu yang tepat. Pilih waktu yang Anda rasa nyaman dan tidak terganggu. Misalnya, Anda bisa menulis di pagi hari sebelum berangkat kerja atau sekolah, atau di malam hari setelah semua pekerjaan selesai.

Kedua, pilih tempat yang nyaman. Cari tempat yang tenang dan nyaman untuk menulis. Misalnya, Anda bisa menulis di meja kerja, di taman, atau di perpustakaan.

Ketiga, buatlah tujuan yang realistis. Jangan memaksakan diri untuk menulis terlalu banyak dalam waktu lima belas menit. Cukup fokus untuk menulis apa pun yang Anda inginkan, entah itu ide, pemikiran, atau cerita.

Jika Anda merasa kesulitan untuk memulai menulis, Anda bisa memulai dengan menulis tentang hal-hal yang Anda sukai. Misalnya, Anda bisa menulis tentang hobi Anda, pengalaman Anda, atau hal-hal yang Anda pelajari.

Berikut adalah beberapa contoh topik yang bisa Anda tulis dalam lima belas menit:

  • Ringkasan buku atau artikel yang Anda baca.
  • Resensi film atau acara televisi yang Anda tonton.
  • Cerita pendek atau puisi.
  • Catatan harian atau jurnal.
  • Daftar hal-hal yang ingin Anda lakukan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun