Mohon tunggu...
Julianda BM
Julianda BM Mohon Tunggu... Administrasi - ASN pada Pemerintah Kota Subulussalam, Aceh

Penulis buku "Eksistensi Keuchik sebagai Hakim Perdamaian di Aceh". Sudah menulis ratusan artikel dan opini. Bekerja sebagai ASN Pemda. Masih tetap belajar dan belajar menulis.

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Menulis Itu Menyehatkan

9 November 2023   15:07 Diperbarui: 9 November 2023   15:13 43
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi. Sumber Foto: mahasiswaindonesia.id

"Menulis adalah terapi yang paling murah dan efektif." - Paulo Coelho

Ungkapan Paulo Coelho di atas memang ada benarnya. Menulis memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan fisik dan mental.

Manfaat Menulis bagi Kesehatan Fisik

Menulis dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan. Ketika kita menulis, kita mengekspresikan pikiran dan perasaan kita. Hal ini dapat membantu kita untuk lebih memahami diri sendiri dan melepaskan emosi-emosi negatif yang kita pendam.

Menulis juga dapat meningkatkan daya ingat dan konsentrasi. Ketika kita menulis, kita harus fokus pada apa yang kita tulis. Hal ini dapat membantu kita untuk meningkatkan kemampuan berpikir dan mengingat.

Selain itu, menulis juga dapat membantu meningkatkan kreativitas dan produktivitas. Ketika kita menulis, kita harus berpikir secara kreatif untuk menghasilkan ide-ide baru. Hal ini dapat membantu kita untuk lebih produktif dalam menyelesaikan tugas-tugas kita.

Manfaat Menulis bagi Kesehatan Mental

Menulis dapat membantu meningkatkan kesehatan mental dengan berbagai cara. Berikut adalah beberapa manfaat menulis bagi kesehatan mental:

  • Meningkatkan self-awareness. Ketika kita menulis, kita dipaksa untuk berpikir tentang diri kita sendiri dan pengalaman kita. Hal ini dapat membantu kita untuk lebih memahami diri sendiri dan menerima diri kita apa adanya.
  • Meningkatkan kemampuan memecahkan masalah. Ketika kita menulis, kita harus berpikir secara kritis untuk menyelesaikan masalah yang kita hadapi. Hal ini dapat membantu kita untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari.
  • Meningkatkan rasa percaya diri. Ketika kita menulis, kita dapat membagikan pemikiran dan perasaan kita kepada orang lain. Hal ini dapat membantu kita untuk membangun rasa percaya diri dan merasa lebih dihargai.

Cara Menulis yang Menyehatkan

Untuk mendapatkan manfaat menulis bagi kesehatan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu:

  • Tulislah apa yang Anda sukai. Ketika Anda menulis tentang hal-hal yang Anda sukai, Anda akan lebih bersemangat dan menikmati proses menulisnya.
  • Tulislah secara rutin. Semakin sering Anda menulis, semakin banyak manfaat yang Anda dapatkan.
  • Bacalah tulisan Anda kembali. Setelah Anda selesai menulis, bacalah tulisan Anda kembali untuk melihat apakah ada yang perlu diperbaiki.

Jika Anda ingin mencoba menulis untuk kesehatan, Anda bisa memulainya dengan menulis jurnal atau blog. Anda juga bisa bergabung dengan komunitas menulis untuk mendapatkan dukungan dan motivasi dari orang lain.

Jadi, tunggu apa lagi? Mulailah menulis untuk kesehatan Anda sekarang juga!

Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun