Mohon tunggu...
Julianda BM
Julianda BM Mohon Tunggu... Administrasi - ASN pada Pemerintah Kota Subulussalam, Aceh

Penulis buku "Eksistensi Keuchik sebagai Hakim Perdamaian di Aceh". Sudah menulis ratusan artikel dan opini. Bekerja sebagai ASN Pemda. Masih tetap belajar dan belajar menulis.

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Urgensi Kode Etik Profesi

9 November 2023   10:14 Diperbarui: 9 November 2023   10:36 162
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering mendengar istilah "kode etik profesi". Istilah ini sering dikaitkan dengan berbagai profesi, seperti dokter, pengacara, guru, dan sebagainya. Lantas, apa sebenarnya yang dimaksud dengan kode etik profesi?

Kode etik profesi adalah seperangkat aturan atau norma yang menjadi pedoman bagi para anggota suatu profesi dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Kode etik profesi ini disusun oleh organisasi profesi yang bersangkutan, dan biasanya bersifat mengikat bagi para anggotanya.

Kode etik profesi memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga profesionalitas para anggota suatu profesi. Dengan adanya kode etik profesi, para anggota profesi akan memiliki pedoman yang jelas dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Hal ini akan membantu mereka untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat, dan menghindari terjadinya pelanggaran atau penyimpangan.

Adapun urgensi kode etik profesi dapat dipaparkan sebagai berikut:

1. Menjaga profesionalitas profesi

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kode etik profesi berperan penting dalam menjaga profesionalitas para anggota suatu profesi. Profesionalitas adalah sikap dan perilaku yang menunjukkan keahlian dan keterampilan yang tinggi dalam menjalankan suatu pekerjaan. 

Dengan adanya kode etik profesi, para anggota profesi akan memiliki pedoman yang jelas dalam menjalankan tugas dan fungsinya secara profesional. Hal ini akan membantu mereka untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

2. Meningkatkan kepercayaan masyarakat

Masyarakat memiliki kepercayaan yang tinggi terhadap para anggota profesi. Hal ini dikarenakan para anggota profesi memiliki pengetahuan dan keterampilan yang mumpuni dalam menjalankan tugas dan fungsinya. 

Dengan adanya kode etik profesi, kepercayaan masyarakat terhadap para anggota profesi akan semakin meningkat. Hal ini dikarenakan kode etik profesi menjamin bahwa para anggota profesi akan menjalankan tugas dan fungsinya dengan profesional dan beretika.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun