Mohon tunggu...
Julianda BM
Julianda BM Mohon Tunggu... Administrasi - ASN pada Pemerintah Kota Subulussalam, Aceh

Penulis buku "Eksistensi Keuchik sebagai Hakim Perdamaian di Aceh". Sudah menulis ratusan artikel dan opini. Bekerja sebagai ASN Pemda. Masih tetap belajar dan belajar menulis.

Selanjutnya

Tutup

Politik

Percepatan Pendaftaran Capres-Cawapres: Peluang dan Tantangan bagi Calon dan Koalisi

10 September 2023   23:58 Diperbarui: 11 September 2023   00:07 138
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi (Sumber: bakesbangpol.cilacapkab.go.id)

Percepatan pendaftaran calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres) menjadi salah satu isu yang hangat dibicarakan dalam beberapa waktu terakhir. Sebelumnya, berdasarkan Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2022, pendaftaran capres-cawapres akan dibuka selama 19 Oktober hingga 25 November 2023. Namun, Menteri Koordinator Hukum dan HAM, Mahfud MD, menyatakan bahwa ada kemungkinan pendaftaran dipercepat menjadi 10 hingga 16 Oktober 2023.

Percepatan pendaftaran ini tentu akan berpengaruh terhadap posisi capres dan partai koalisinya. Pada satu sisi, percepatan pendaftaran memberikan peluang bagi capres untuk lebih cepat membentuk koalisi dan meraih dukungan dari partai politik. Hal ini karena capres akan memiliki waktu yang lebih singkat untuk melakukan komunikasi dan negosiasi dengan partai politik.

Pada sisi lain, percepatan pendaftaran juga memberikan tantangan bagi capres dan koalisinya. Tantangan utama adalah bagaimana capres dan koalisinya dapat segera mencapai kesepakatan tentang capres dan cawapres yang akan diusung. Selain itu, capres dan koalisinya juga harus segera menyusun program dan visi-misi yang akan ditawarkan kepada masyarakat.

Peluang bagi Capres

Percepatan pendaftaran memberikan peluang bagi capres untuk lebih cepat membentuk koalisi dan meraih dukungan dari partai politik. Hal ini karena capres akan memiliki waktu yang lebih singkat untuk melakukan komunikasi dan negosiasi dengan partai politik.

Dengan waktu yang terbatas, capres dan koalisinya harus lebih cepat dan efisien dalam melakukan komunikasi dan negosiasi. Capres harus mampu meyakinkan partai politik bahwa dirinya adalah sosok yang tepat untuk memimpin Indonesia. Selain itu, capres juga harus mampu menawarkan program dan visi-misi yang menarik bagi partai politik.

Percepatan pendaftaran juga memberikan peluang bagi capres untuk lebih cepat memperkenalkan diri kepada masyarakat. Dengan waktu yang lebih singkat, capres harus mampu melakukan strategi kampanye yang efektif. Capres harus mampu menyampaikan visi-misi dan programnya secara jelas dan menarik kepada masyarakat.

Tantangan bagi Capres dan Koalisi

Percepatan pendaftaran juga memberikan tantangan bagi capres dan koalisinya. Tantangan utama adalah bagaimana capres dan koalisinya dapat segera mencapai kesepakatan tentang capres dan cawapres yang akan diusung.

Pada saat ini, masih banyak partai politik yang belum menentukan capres dan cawapres yang akan diusung. Dengan waktu yang terbatas, capres dan koalisinya harus segera melakukan komunikasi dan negosiasi dengan partai politik untuk mencapai kesepakatan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun