Mohon tunggu...
Lulu Maherni
Lulu Maherni Mohon Tunggu... Mahasiswi Ilmu Komunikasi

Jangan Lupa Bersyukur :)

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Fenomena Popularitas Instan Menjadi Seorang Seleb Dadakan, Hujatan yang Menghasilkan Cuan!

13 April 2021   00:35 Diperbarui: 13 April 2021   00:40 29 0 0 Mohon Tunggu...

Dari sekian banyak profesi yang ada di dunia menjadi seorang selebriti termasuk kedalam profesi yang banyak diminati dan juga menjanjikan. Dimana kita akan mendapatkan banyak sekali bonus seperti relasi, popularitas, Apresiasi publik,dan personal branding yang baik . Namun sebelumnya apakah yang dimaksud dengan selebriti ? Lalu apa bedanya dengan seorang artis? . 

Artis biasanya seorang seniman yang mempunyai sebuah karya, baik karya yang disajikan, diciptakan maupun dikaji. Artis (Artist) banyak yang menyangka kalau pengertian nya sama dengan selebriti, apalagi di Indonesia. Tapi hal ini berbeda jika  di luar negeri, "artist" biasanya merupakan seorang musisi yang berpartisipasi dalan pembuatan musiknya. Misalanya  ("Ed Sheeran is a really great male artist").  Selebriti (Celebrity) merupakan seseorang, atau figur, yang terkenal. Beberapa terkenal karena musik, aktor, atau bahkan karena terus-menerus menjadi sensasi di media sosial. Jika karya mereka bisa menghasilkan banyak pengikut dan keuntungan maka para artis dan aktris bisa hidup senang dan glamor berpesta ria menikmati hasil sebagai selebritis.

Dalam hal ini dapat disimpulkan kalau seorang selebriti bisa jadi bukan lah seorang artis karna jenis karyanya yang berbeda . Dimana seorang seleb biasanya akan mengumbar sensasi agar bisa terkenal dan seorang artis akan menciptakan prestasi untuk bisa terkenal. Sebuah sensasi yang di bagikan melalui sebuah akun sosial media seperti Instagram, Facebook , Twitter, bahkan Tiktok Akan menghadirkan banyak penonton karna beberapa faktor penting misalnya sebagian besar orang di Indonesia sangat menyukai hal yang berbau sensasi dan kontroversi karena background pendidikan yang standar atau biasa disebut orang "Awam" . Lalu sensasi ini yang menjadi makanan publik dan dibagikan secara terus menerus dalam beberapa waktu sehingga menjadi terkenal atau bahasa lainnya adalah "Viral". 

Tak dapat di pungkiri belakangan ini banyak sekali bermunculan Seleb dadakan yang namanya melonjak tinggi lalu hilang begitu saja bak ditelan bumi. Kita ambil contoh Chika TikTok tengah menjadi sorotan publik atas jogetnya yang viral di media sosial . Berkat keviralannya, Chika TikTok sampai dipanggil program televisi dan banyak sekali pekerjaan yang datang, hal ini membuat Chika mendapatkan pundi rupiah yang cukup banyak. Dikutip dari Tribunnews.com kehidupannya 180 berubah akibat viral menjadi artis dadakan. 

Namun apa sebenarnya yang dilakukan Chika saat diundang ke stasiun televisi ? Dia hanya melakukan aksi Joget Tiktok nya saja lalu diikuti oleh teman teman artis yang menganggap hal tersebut " asik ". Joget Chika tersebut sempat mendapat hinaan karna dianggap tidak bermanfaat tapi menjadi viral sampai masuk kedalam stasiun televisi terkenal. Dan setelah beberapa saat orang orang sudah mulai bosan dengan Aksi Joget Chika karirnya mulai redup di televisi dan dia kembali ke dunia nya di Aplikasi Tiktok namun tetap mendapatkan pundi rupiah .

Tak hanya itu seorang Anya Geraldine mengakui kalau dirinya bisa terkenal juga karna sebuah sensasi . Selebgram cantik berusia 25 tahun ini dapat dikenal publik karna sebuah sensasi yang dibuatnya secara tidak sengaja, dengan Vidio kontroversial bersama pacarnya saat diBali. Namun Anya percaya kalau yang dapat meningkatkan eksistensinya adalah sebuah prestasi bukanlah sensasi ,jadi dia terus mengeksplore dirinya sehingga tetap menjadi terkenal seperti sekarang . Jadi bagaimana teman teman kalian pilih jadi Selebriti atau Artis? 

Sumber website

satu, dua

Sumber jurnal : ejournal.bsi.ac.id

Pemanfaatan Aplikasi Tiktok Sebagai Personal Branding di Instagram - e Journal BSI

Sumber jurnal : library.moestopo.ac.id ...PDF FENOMENA SELEBGRAM SEBAGAI BENTUK PERSONAL ...

Sumber e-book : dewanpers.or.id jurnal 87...PDF Era Media Online, New Media - Dewan Pers

VIDEO PILIHAN