Mohon tunggu...
Khalizah SeptianaDevi
Khalizah SeptianaDevi Mohon Tunggu... Universitas Negeri Malang

Daydreamer Queen

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Menghadapi New Normal, Mahasiswa KKN UM Mengedukasi Warga Desa Talangagung

6 Juli 2020   00:31 Diperbarui: 6 Juli 2020   00:34 16 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menghadapi New Normal, Mahasiswa KKN UM Mengedukasi Warga Desa Talangagung
Foto: Dokumentasi pribadi

Kuliah Kerja Nyata atau yang biasa disingkat KKN merupakan bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa. Dimulai sejak tahun ini, Universitas Negeri Malang mewajibkan seluruh jurusan dari berbagai fakultas untuk mengikuti kegiatan KKN yang sebelumnya hanya diwajibkan bagi beberapa jurusan. Di tengah pandemi COVID-19 ini, pihak Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Negeri Malang melaksanakan kegiatan KKN ini secara daring yang pelaksanaannya dikerjakan dari rumah tiap mahasiswa.

Dengan adanya Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Malang ini, mahasiswa diharapkan tetap melakukan pengabdian salah satunya dengan cara mengedukasi warga desa Talangagung, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang mengenai wabah COVID-19 melalui video edukasi COVID-19. Di tengah pandemi seperti ini, sangat penting membentuk pengetahuan dalam mencegah dan memutus rantai penyebaran COVID-19 kepada warga desa.

Selain pendidikan dasar dalam mencegah penyebaran COVID-19 itu sendiri, dalam video edukasi tersebut juga berisi tentang pengenalan hidup New Normal dan bagaimana cara masyarakat hidup berdampingan dengan COVID-19, bersamaan dengan adanya kebijakan baru yang telah dikeluarkan oleh pemerintah yaitu "New Normal", mengharuskan masyarakat untuk beraktivitas secara normal namun tetap dengan menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah terjadinya penularan virus COVID-19.

Dokumentasi Sosialisasi Kesehatan dan Pemutaran Video Edukasi COVID-19.
Dokumentasi Sosialisasi Kesehatan dan Pemutaran Video Edukasi COVID-19.

Video edukasi yang berupa soft file tersebut disimpan dalam flashdisk yang nantinya akan diberikan kepada pihak desa. Pada hari Jumat, 26 Juni lalu dilakukan sosialisasi mengenai video edukasi tersebut. Mahasiswa KKN Talangagung berharap bahwa dengan adanya video edukasi COVID-19 dapat menekan angka penyebaran COVID-19.

VIDEO PILIHAN