Humor

Penghematan Lampu Rumah Tangga dengan Menggunakan Lampu LED

16 Mei 2019   09:33 Diperbarui: 16 Mei 2019   09:59 18 0 0

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Energi listrik dapat digunakan untuk berbagai macam kebutuhan dan memiliki peran penting bagi kehidupan masyarakat. Hampir semua bidang pekerjaan manusia membutuhkan energi listrik. Apabila energi tersebut tidak sesuai dengan kebutuhan peralatan listrik dan alat elektronik, dapat berdampak pada alat tersebut seperti kinerja yang tidak maksimal atau bahkan kerusakan alat. Namun demikian, beberapa orang telah menggunakan energi listrik dalam jumlah yang besar sehingga menimbulkan biaya yang cukup tinggi.

Light Emitting Diode atau atau sering disingkat dengan LED adalah komponen elektronika yang dapat memancarkan cahaya monokromatik ketika diberikan tegangan maju. LED merupakan keluarga Dioda yang terbuat dari bahan semikonduktor. Warna-warna Cahaya yang dipancarkan oleh LED tergantung pada jenis bahan semikonduktor yang dipergunakannya. LED juga dapat memancarkan sinar inframerah yang tidak tampak oleh mata seperti yang sering kita jumpai pada Remote Control TV ataupun Remote Control perangkat elektronik lainnya.

1

 Kenyataan saat ini, masyarakat belum mengenali apa yang dimaksud dengan Lampu LED. Mereka cenderung lebih memilih lampu murah yang terdapat di pasar-pasar terdekat dan tidak mengetahui pasti kualitas dan efisiensi lampu tersebut. Lampu-lampu rumah tangga yang dijual di pasar di antaranya lampu LED, lampu CFL dan lampu pijar. Di antara tiga lampu tersebut, yang sering dibeli adalah lampu CFL karena harganya yang lebih mudah terjangkau, kecuali jika sudah tahu keunggulan lampu LED. Walaupun CFL mendominasi dengan harga yang lebih murah, lampu tersebut tidak dijamin dapat menghemat energi pada zaman millennial ini. Apalagi jika tidak meperhatikan instruksi pemakaian, maupun hal-hal yang dilarang maka akan menyebabkan kesalahan fatal. 

 LED memancarkan lebih banyak cahaya daripada panas sehingga bisa menghemat energi, sedangkan CFL berlaku sebaliknya. Selain itu, lampu CFL masih mengandung bahan-bahan berbahaya antara lain logam merkuri yang berfungsi untuk memendarkan cahaya pada tabung lampu CFL sehingga pembuangan lampu CFL harus dilakukan secara khusus dan terkontrol.

Penghematan energi listrik terus dilakukan untuk mengantisipasi semakin besarnya penggunaan energi yang harus disediakan oleh sumber tenaga listrik dan mencakup biaya pembangunan pembangkit yang tidak sedikit. Sumber tenaga listrik di Indonesia masih kekurangan secara nasional dan sosialisasi serta informasi perhitungan biaya dan penghematan lampu belum merata ke seluruh lapisan masyarakat.

Berdasarkan uraian di atas, penulis akan membahas tentang "Penghematan Biaya Listrik Rumah Tangga dengan Memanfaatkan Lampu LED" sebagai bahan karya tulis ilmiah. 

 

1.2 Rumusan Masalah

 Berdasarkan uraian di atas, maka penulis mengajukan beberapa rumusan masalah sebagai berikut:  

  • Apa perbedaan antara jenis-jenis lampu penerangan di rumah tangga?
  • Bagaimana lampu LED bisa menurunkan biaya listrik lampu rumah tangga?
  • Berapakah perbandingan harga antara lampu LED dan CFL?
  • Mengapa beberapa masyarakat belum menggunakan LED?
  • Bagaimana proses produksi lampu LED?

1.3 Batasan Masalah 

 Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka penulis mengajukan batasan masalah sebagai berikut:

  • Perbedaan antara lampu LED dan CFL
  • Bagian-bagian dan prinsip lampu LED dan apa yang bisa membuat lampu tersebut hemat energi
  • Perhitungan dan penghematan biaya energi listrik antara lampu CFL dan LED

1.4 Tujuan Penulisan

 Berdasarkan batasan masalah di atas, maka tujuan penulisan karya tulis ini adalah untuk mengungkapkan tentang:

  • Mengetahui kelebihan lampu LED 
  • Memberi wawasan yang lebih luas kepada pembaca tentang kegunaan LED
  • Mengetahui perbandingan harga dan biaya listrik antara lampu LED dan CFL
  • Menghitung penghematan biaya listrik lampu LED dan CFL
  • Syarat kelulusan profil SMP Labschool Jakarta

1.5 Teknik Pengumpulan Data

 Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh penulis adalah dengan melakukan studi pustaka, yaitu dengan membaca buku, mencari informasi dari Internet dan meneliti dokumen, serta data QC yang didapatkan dari pabrik lampu PT. Honoris Industry secara langsung. Selain itu, penulis juga melakukan observasi dengan berkunjung ke pabrik lampu dan mempelajari komponen-komponen, serta proses produksi LED. Terakhir, penulis menggunakan angket sebagai bahan pertimbangan data.

 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
  11. 11
  12. 12