Mohon tunggu...
LIZA LINDAWATI
LIZA LINDAWATI Mohon Tunggu... Mahasiswa - MAHASISWA PENERIMA BEASISWA BIDIKMISI || STP TRISAKTI || D4 HOTEL 2019

Mahasiswa Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti || Sebagai Penerima Beasiswa Bidikmisi Angkatan 2019 || Jurusan D-4 Perhotelan.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Beberapa Cara Menentukan Target Pasar

18 Oktober 2021   01:59 Diperbarui: 18 Oktober 2021   02:09 68
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Halo readers  perkenalkan nama saya Liza Lindawati, mahasiswa Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti Jakarta, dan saya Mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi. 

Nah kali ini saya akan memberi beberapa cara menentukan target pasar, saya yakin teman-teman semua pasti banyak ni yang pengen mebuka bisnis apalagi dimasa pendemi ini susah sekali mendapat pekerjaan karena adanya pembatasan kegiatan di luar rumah. Jadi pasti banyak yanng jualan online baik itu makanan ataupun ataupun produk lainnya.

happy reading...

Apa yang dimaksud dengan target pasar? Target pasar adalah satu golongan konsumen atau costumer  yang akan menjadi  tujuan atau umpan untuk bisnis kita.  Dalam menentukan target pasar ada beberapa yang harus diperhatikan

  • Kenali terlebih dahulu kebutuhan konsumen, dengan kita mencari tahu atau melakukan observasi pasar. Tujuannya supaya pada saat kita melakukan penjualan produk kita tidak salah sasaran, dan juga kita bisa menentukan budget yang akan kita pakai.
  • Menentukan konsumen seperti apa yang akan kita targetkan atua menentukan segmentasi pasar apakah itu anak-anak, remaja, orang dewasa atau lansia.  Tujuannya supaya mempermudah atau lebih terarah dalam menentukan produk apa saja yang di butuhkan oleh konsumennya.  
  • Kenali pesaing pasar. Tujuannya supaya kita mengetahui produk apa yang di jual itu sama atau tidak dengan pruduk yang kita, sehingga kita tahu apakah produk yang mereka jual itu laku dipasaran atau tidak, banyak konsumen atau tidak yang meminati produk tersebut supaya mempermudah kita dalam menetukan pruduk apa yang nanti kita tawarkan kepada konsumen atau pelanggan kita sesuai atau tidak kebutuhannya.
  • Melakukan branding atau membuat merek pada produk yang nantinya bakalan kita pasarkan, karena merek atau brand adalah salah satu yang akan menarik perhatian konsumen.

Baiklah teman-teman itulah beberapa cara yang dapat saya kasih, semoga bermanfaat dan bisa membantu. Maaf jika masih ada yang kurang atau banyak salah dalam penulisan. Terima kasih juga kepada teman-teman yang sudah menyempatkan waktunya untuk membaca artikel saya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun