Mohon tunggu...
Livya Werinussa
Livya Werinussa Mohon Tunggu... Lainnya - Seorang murid

sedang belajar

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Galau Ujian

4 November 2022   08:18 Diperbarui: 4 November 2022   08:24 631
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ujian lagi ujian lagi, capek gak sih? Menghadapi ujian terus menerus, kapan sih semuanya bisa berhenti? Aku, kamu, kita semua pasti pernah belajar untuk sebuah ujian bahkan kadang ujian mendadak juga sering terjadi.Apapun ujian itu pasti kita semua ingin mempersiapkan semuanya dengan baik kan? Pasti kita semua ingin nilai yang bagus dan membuat orang tua bangga bukan?

Berbagai persiapan pasti sudah kita lakukan untuk menjamin kesuksesan ujian. Yaa walaupun mungkin kadang hasil mengecewakan usaha kita tapi setidaknya kita sudah berusaha kan? Pastinya metode-metode yang digunakan untuk belajar juga bervariasi, ada yang membuat belajar sebuah rutinitas dalam hidupnya, ada yang belajar hanya saat diumumkan akan ada ujian, dan yang paling populer di kalangan siswa-siswa adalah SKS/Sistem Kebut Semalam.

Tidak sedikit juga siswa yang mencampur-campur metode belajarnya, sebenarnya kita hanya perlu belajar sesuai dengan metode yang sesuai dengan kita.

Kalau aku sendiri, metode belajar yang aku gunakan adalah ketitka guru menjelaskan aku akan fokus dan mencoba untuk replay kata-kata yang dikatakan. Hal ini aku lakukan tiap hari dan lama kelamaan akan menempel di kepala loh! Gak hanya itu, metode yang menurut aku cocok banget dengan aku pribadi adalah mencatat catatan dengan rapi dan juga berwarna, jadi kalau dibaca tidak bosan.

Dengan metode ini aku dapat menyiapkan diri lebih baik untuk ujian dan aku rasa nilai aku meningkat ketika menggunakan metode-metode ini. Cara orang belajar memang berbeda tetapi metode yang paling manjur untuk aku adalah membaca materi-materi yang aku catat/yang udah aku pelajari setelah sekolah atau beberapa hari sebelum ujian tersebut aku hanya akan review ulang materinya saja.

Nah beda cerita kalau mata pelajarannya matematika, fisika, dan kimia ya teman-teman! Kalau mata pelajaran ini aku lebih sering latihan soalnya dan mendengarkan penjelasan guru-guru. Selain itu, aku juga akan menulis step-by-step atau langkah cara mengerjakannya agar saat review ulang gak akan bingung atau lupa!

Satu lagi deh metode yang sangat mempengaruhi pembelajaran adalah berdoa, aku selalu mengawali dan mengakhiri pembelajaran dengan berdoa. Hal, ini sangat berpengaruh dengan suasana hati aku loh! Kalau persiapan ujian kalian seperti apa?

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun