Mohon tunggu...
Olivia Marveline
Olivia Marveline Mohon Tunggu... Editor - Female, Young

IGOT7 Forever! GOT7 JJAI

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Today Newspaper Menjadi 100% Digital!

21 September 2022   09:58 Diperbarui: 8 Desember 2022   22:54 180
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bentuk Jurnalisme Digital Today, sumber: Todayonline.com

Jurnalisme menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari manusia sejak dahulu kala. Informasi yang berada di dalam jurnalisme digunakan untuk mendukung peradaban manusia dalam mendapatkan informasi dari beragam kejadian baik di dalam maupun di luar negeri. Today merupakan salah satu jurnalisme online yang berasal dari negara Singapura. Jurnalisme online diambil untuk mengikuti zaman yang semakin berkembang.

Jurnalisme Digital di Singapura

Jurnalisme di negara Singapura diterbitkan  dalam beragam bahasa, yakni Inggris; Mandarin; Melayu; dan Tamil. Hal ini dikarenakan di Singapura terdapat beberapa suku yang berbeda dan tentunya menggunakan bahasa yang berbeda pula. Di Singapura juga terdapat lembaga yang memiliki kewenangan untuk melisensi perusahaan-perusahaan koran, yakni The Newspaper and Printing Presses Act.

Pada tahun 2013, pemerintahan Singapura memiliki regulasi peraturan yang baru. Setiap situs jurnalisme online yang mempublikasikan artikel secara berkala dan memiliki jumlah pembaca yang cukup banyak setiap bulannya telah mendapatkan izin secara individu.

SPH (Singapore Press Holdings) merupakan bagian dari pemerintahan Singapura yang merilis jurnalisme digital. SPH pada bulan Mei 2021, mengumumkan akan menutup dan berpindah dari profit menjadi non-profit, dan di tahun yang sama pada bulan Desember, SMT didirikan secara non-profit. SPH sendiri mendirikan percetakan dan juga jurnalisme digital pada saat yang bersamaan dengan Today, yang bernama The Straits Times. 

Dilansir dari Reuters Institute, The Straits Times memiliki reputasi yang cukup tinggi sebagai jurnalisme digital dengan menduduki peringkat ketiga kategori seberapa sering diakses oleh para pembaca (Jr. E. C. T., 2022). 

Today versi Koran Cetak dan Digital, sumber: Mothership.sg
Today versi Koran Cetak dan Digital, sumber: Mothership.sg

Sejarah Today

(Klik disini untuk versi audio!)

Pada bulan Mei tahun 2000, PT. Mediacorp, yang merupakan perusahaan penyiaran terbesar di Singapura terjun ke dalam dunia percetakan dan meluncurkan  koran yang berukuran sebesar tabloid bernama Today.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun