Mohon tunggu...
Lius tedju
Lius tedju Mohon Tunggu... Fb : Lius Tedju Ig : @liustedju Twitter :@liustedju Email : tedjujulius@gmail.com

#YNWA

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Imbas Virus Corona, Stok Darah Menipis dan Ajakan untuk Donor Darah

23 Maret 2020   19:58 Diperbarui: 23 Maret 2020   20:23 60 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Imbas Virus Corona, Stok Darah Menipis dan Ajakan untuk Donor Darah
Foto diambil Saat melakukan donor darah di PMI Kupang akhir tahun 2018. Dokumentasi pribadi

"Makin meluasnya penyebaran Novel Coronavirus/Covid-19 khususnya dalam rentang waktu sebulan terakhir membuat stok darah di PMI maupun di Rumah Sakit terdekat semakin menipis". 

Menurut data yang dikeluarkan oleh NHS Blood and Transplant, yang dikenal sebagai PMI-nya Inggris, terjadi penurunan 15% pendonor ditengah status Pandemi Corona.  Dalam kurun waktu sebulan terakhir sudah 189 negara di seluruh dunia yang menginformasikan bahwa warga mereka terpapar virus Corona.  

Inggris saat ini menjadi salah satu negara dengan dampak terparah virus Corona di Eropa selain Italia dan Spanyol. Per tanggal 23 Maret, kasus di Inggris sudah mencapai 5.683 dengan korban meninggal mencapai 281 kasus. 

Situasi inilah yang membuat stok darah nasional menipis yang juga ditengarai berkurangnya suplai darah dari para pendonor yang lebih memilih untuk melakukan isolasi diri di rumah. 

Hal ini diketahui setelah melakukan kuisioner kepada pendonor aktif yang rutin mendonorkan darah mereka setiap 12 Minggu. Meski mendonorkan darah tidak memiliki efek samping, sebagian besar mengatakan enggan mendonorkan darah karena takut akan keselamatan mereka sendiri karena ancaman virus corona.  

Pertanyaan berlanjut, lantas masih amankah melakukan donor darah ditengah Pandemi virus corona?

Menurut Dr Gail Miflin, kepala petugas medis untuk NHS Blood and Transplant, tentu saja aman dengan syarat pencegahan dan kebersihan ekstra kepada calon pendonor agar mereka terbebas dari virus Corona sebelum melakukan prosedur donor darah. 

Dr Gail Miflin mengatakan bahwa diperlukan lebih banyak pendonor ditengah situasi seperti sekarang ini karena Rumah Sakit tidak hanya menerima pasien virus Corona tetapi juga pasien dengan penyakit lainnya terutama yang akan melakukan tindakan operasi. 

"Donor sangat diperlukan pada saat krisis seperti sekarang lebih dari sebelumnya"

"Donor darah dapat menyelamatkan nyawa dan kami akan membutuhkan lebih banyak pendonor dari sebelumnya selama beberapa minggu kedepan dan juga untuk bulan-bulan berikutnya. Kami harus memastikan bahwa stok darah aman. Harap tepati janji Anda untuk menyumbang jika Anda bisa.

"Memerangi virus akan membutuhkan upaya nasional yang sangat besar. Donasi adalah sesuatu yang dapat Anda lakukan untuk membantu NHS. Datang dan lakukanlah suatu hal yang besar". 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x