Mohon tunggu...
Lius tedju
Lius tedju Mohon Tunggu... Sedang belajar menulis

You'll Never Walk Alone

Selanjutnya

Tutup

Bola

Cinta Klopp Kepada Takumi Minamino

13 Desember 2019   20:58 Diperbarui: 18 Desember 2019   16:08 1002 4 0 Mohon Tunggu...
Cinta Klopp Kepada Takumi Minamino
Sumber gambar : Panditfootball

"Kisah cinta yang terpendam selama kurang lebih 6 tahun kini tak kuasa lagi dibendung oleh Klopp. Klopp yang diwakili oleh Michael Edwards dan Tim scouting langsung melakukan negosiasi sebulan setelah laga hebat di Anfield (3/10)".

Liverpool secara mengejutkan akan segera mendapatkan pemain pertama dibursa transfer Januari nanti. Disaat tim-tim ternama menaruh fokus kepada Erling Haaland dan Hwang Chan, Liverpool diam-diam sudah mencapai kata sepakat untuk mendapatkan Winger lincah, RB Salzburg, Takumi Minamino pertanggal 1 Januari 2020 dengan mahar hanya 7.25m.

Bahkan taggar Minamino sempat menjadi trending topik di Twitter saat berita ini diciutkan pertama kali oleh jurnalis ternama The Times, @PaulJoyce yang kemudian dibenarkan oleh @JamesPearce yang merupakan jurnalis kepercayaan Liverpool.

Berita ini dibenarkan oleh direktur olahraga Salzburg, Christoph Freund yang menyatakan bahwa Minamino sedang berdiskusi dengan Liverpool.

"Saya dapat mengkonfirmasi bahwa saat ini ada diskusi dengan Liverpool. Suatu kehormatan klub tertarik pada pemain kami"

"Minamino sudah siap untuk membuat langkah maju (pindah dari Salzburg) bulan Januari nanti".

Takumi Minamino akan menjadi pemain Jepang sekaligus menjadi pemain Asia pertama yang ditransfer Liverpool. Tentunya kehadiran Minamino akan menambah daya dobrak Liverpool tidak hanya di dalam lapangan guna mempertahankan Trofi Liga Champions serta target utama Liga Inggris tetapi juga sekaligus memperlebar sayap Liverpool di pasar Asia sesuai dengan target utama Nike, aparrel baru Liverpool mulai musim 2020/2021.

Menurut spekulasi media, pemain kelahiran Osaka akan dikontrak jangka panjang Hingga 5 tahun kedepan dan akan mengenakan nomor punggung (18) peninggalan Dirk Kuyt. Nomor ini juga dipakainya saat berseragam Salzburg.

Minamino dijadwalkan akan langsung terlibat dalam Derby Merseyside tanggal 5 Januari 2020 nanti saat Liverpool berhadapan dengan Everton di Piala FA yang digelar di Anfield.

Tanpa berlama-lama, Mari kita bahas tuntas profil Minamino..

Nama : Takumi Minamino
T/TL : Osaka, Jepang, 16 Januari 1995
Usia : 24 tahun
Stats sejak debut:
Main : 281 laga
Gol  : 81 gol
Assist : 53 assist
Posisi : Sayap kanan
Tinggi : 1.74m
Berat : 67 kg
Kaki terkuat : kaki kanan
Prestasi:
Red Bull Salzburg :
Austrian Bundesliga: 2014--15, 2015--16, 2016--17, 2017--18, 2018--19
Austrian Cup: 2014--15, 2015--16, 2016--17, 2018--19

Timnas Jepang :

AFC U-23 Championship: 2016
AFC Asian Cup runner-up: 2019

Perjalanan karir :

www.zimbio.com
www.zimbio.com
Takumi Minamino mengawali karir di klub kota kelahirannya, Osaka, Cerezo Osaka pada tahun 2012-2015. Minamino  melakukan debutnya bersama Cerezo Osaka pada usia 17 tahun langsung mencuri perhatian dengan mendapatkan penghargaan sebagai pemain muda terbaik Liga Jepang musim 2012- 2013. Bersama Cerezo selama 3 musim, Minamino mencetak 17 gol dan 9 assist dari 85 laga.

Tim scouting dari Eropa seperti RB Salzburg dan beberapa klub dari Liga Jerman termasuk Borussia Dortmund yang terkenal Ramah sebagai rumahnya para pemain muda Jepang untuk berkarir di Eropa tak luput mengamati permainan Minamino secara langsung.

www.zimbio.com
www.zimbio.com
Usai tampil impresif, Minamino akhirnya dibeli oleh Red Bull Salzburg pada musim 2014-2015 dengan biaya transfer sekitar 750k setelah dipantau selama 18 bulan. Selama berseragam Salzburg, Minamino total mencetak 66 gol dari total 199 laga di semua kompetisi dengan mempersembahkan juara Bundesliga Austria 5 kali secara beruntun serta 4 piala Liga.

Klopp yang saat itu masih menjadi pelatih Borussia Dortmund juga sempat memantau perkembangan Minamino namun belum berhasil menggaet wonder kid Jepang itu.

Pada akhirnya Minamino dan Klopp bertemu secara langsung saat Liverpool berhadapan dengan Salzburg klub tempat Minamino bermain diajang Liga Champions.

 Minamino tahu bahwa Klopp dengan Borussia Dortmund nya juga pernah tertarik dengannya. Malam yang tepat untuk kembali mempresentasikan dirinya dihadapan Klopp secara langsung.

Liverpool yang tampil dominan dengan skor 3-0 sempat dibuat kerepotan oleh Salzburg dengan Minamino menjadi aktornya. Total 1 assist dan 1 gol voli fantastis menjadikan skor imbang 3-3, khusus untuk gol Minamino, Klopp tertangkap kamera malah tersenyum kagum dengan gol yang terjadi. Beruntung gol telat salah membuat Liverpool memenangkan pertandingan.

https://www.express.co.uk
https://www.express.co.uk
Kisah cinta yang terpendam selama kurang lebih 6 tahun kini tak kuasa lagi dibendung oleh Klopp. Klopp yang diwakili oleh Michael Edwards dan Tim scouting langsung melakukan negosiasi sebulan setelah laga hebat di Anfield (3/10).

Negosiasi berjalan cepat karena hubungan baik antara direktur olahraga Salzburg Christoph Freund dan direktur olahraga Liverpool Michael Edwards. Liverpool diberikan hak istimewa terkait transfer Minamino dengan pihak Salzburg memberi tahu besaran klausul Minamino yang ternyata lebih kecil dari harga pasar. Adapun klausul Minamino hanya 7.25m.

Bayangkan saja, disaat tim-tim seperti Manchester United, Borussia Monchengladbach,  Marseille dan beberapa klub peserta Liga Serie A melakukan negosiasi dengan pihak RB Salzburg, Negosiasi berjalan alot terkait mahar yang diperkirakan mencapai +20m karena tidak mengetahui berapa klausul pelepasan Minamino.

Liverpool akhirnya mengaktifkan klausul tersebut yang kemudian disetujui oleh Salzburg. Sebagai informasi ketika klub mengaktifkan klausul pelepasan dan si pemain setuju maka besar kemungkinan pemain yang diincar sekalipun sudah memperpanjang kontrak. Kasus Luis Suarez ke Barcelona, Van Dijk ke Liverpool dan Griezmann ke Barcelona dan masih banyak contoh lainnya.

Pertanggal 1 Januari 2020, pertemuan Klopp dan Minamino nampaknya akan benar-benar terealisasi setelah pihak Klub telah menyetujui biaya transfer Minamino.

Lantas apa yang membuat Klopp sangat terkesan dengan Minamino?

Ternyata gaya bermainnya yang hampir mendekati idola Liverpool, Roberto Firmino. Ya, Minamino merupakan pemain yang versatile/serba bisa layaknya Firmino yang bisa bermain hampir di semua posisi di lini depan dan juga sebagai gelandang serang. Paket komplit dengan harga murah.

Klopp memang gemar untuk bekerja sama dengan pemain yang versatile seperti Firmino, Keita, Mane, Trent, Gomez, bahkan pemain yang tidak fasih bermain diberbagai posisi secara tidak langsung dipaksa untuk bisa memainkan peran lebih  seperti Origi, Henderson, Gini Wijnaldum dan James Milner serta Adam Lallana.

https://www.kleinezeitung.at
https://www.kleinezeitung.at
Statistik Minamino diberbagai posisi saat bermain di Salzburg :

Striker :

39 laga
16 gol
7 Assist

Sayap kanan :

35 laga
14 gol
7 Assist

Gelandang Serang :

32 laga
11 gol
7 Assist

Sayap Kiri:

23 laga
7 gol
6 assist

Selain bersinar di klub, Minamino juga bersinar di Timnas Jepang. Dari 22 laga bersama Timnas Samurai, Minamino total mencetak 11 gol

Musim ini saja Minamino sudah mencetak 9 gol dan 11 Assist dari 22 laga bersama Salzburg dan Timnas Jepang di semua kompetisi yang telah dijalani termasuk 2 gol dan 3 assist di Liga Champions. Angka terakhir tentunya akan terus bertambah mengingat Minamino masih akan tampil di Liga Champions bersama Liverpool meskipun Salzburg sudah tersingkir dari Liga Champions.

Dari serangkaian statistik diatas, boleh dibilang mau ditempatkan diposisi manapun Minamino selalu bermain apik meski usianya baru 24 tahun namun sudah kenyang pengalaman dan pemahaman taktik yang baik. Dengan fasih bermain dalam berbagai posisi, Minamino tentunya akan sangat berguna bagi Liverpool dalam memperkaya variasi serangan. Jika salah satu dari trio diatas cedera, Minamino siap untuk bermain, diposisi manapun.

Seperti yang sudah saya singgung diatas, apakah Minamino didatangkan hanya untuk memperluas pasar Liverpool di Asia?

Tentu saja tidak, namun efek domino nya seperti itu. Ibaratnya sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui. Ingat Klopp tidak mendatangkan pemain hanya karena performa gemilang dalam  1-2  kali penampilan kemudian langsung direkrut. Ingat kasus Van Dijk, Mane, Keita, Mohamed Salah? Semua pemain yang disebut sudah dipantau jauh-jauh hari bahkan selama bertahun-tahun sebelum akhirnya direkrut.

Bahkan untuk kasus Minamino, Klopp sudah memantaunya sejak tahun 2013 saat Minamino bermain di Cerezo Osaka yang merupakan pemain terlama yang dipantau sebelum akhirnya berhasil direkrut. Tentunya Minamino akan menawarkan banyak kualitas yang dimilikinya kepada Klopp dan Liverpool.

Sumber statistik : Transfermarkt, Fctables, WhoScored
sumber berita : James Pearce, Melissa Reddy dan Paul Joyce.

VIDEO PILIHAN