Mohon tunggu...
Lingkungan

Keunikan Sukulen Cristata

1 Januari 2018   10:30 Diperbarui: 1 Januari 2018   10:35 1959 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Keunikan Sukulen Cristata
koleksi pribadi

Pernah dengar istilah Cristata?

meskipun sebenarnya cristata bisa terjadi pada tumbuhan pada umumnya, namun seringkali Cristata ditemukan pada kelompok tanaman sukulen. So, apa itu Cristata?

Cristata adalah mutasi yang terjadi pada tanaman bersamaan dengan pertumbuhannya. Jika pertumbuhan normal pada umumnya berupa penambahan cabang atau pemanjangan batang, pertumbuhan cristata membuat tanaman tumbuh mendatar/pipih(flat). Dedaunan tumbuh pada bagian ujungnya dan biasanya sangat rapat. Cristata terjadi secara natural dan pertumbuhannya sangat jarang sehingga tanaman cristata tergolong langka.

Salah satu jenis cristata yang sering ditemukan adalah euphorbia lactea cristata. Berbeda dengan Euphorbia lactea pada umumnya yang berupa batang-batang yang tumbuh menjulang keatas, versi cristata memiliki tampilan yang seperti telapak tangan.

Cristata juga dapat ditemukan pada jenis echeveria. Echeveria yang mengalami cristata akan mengalami perubahan struktur daun namun daunnya masih memiliki ciri khas tanaman induk. Berikut adalah beberapa contoh cristata pada echeveria.

koleksi pribadi
koleksi pribadi
Selain variegata, cristata adalah salah satu bentuk kelainan pada sukulen yang dapat meningkatkan nilai jualnya. Bentuk cristata yang unik menambahkan daya tarik dari keragaman bentuk dan varian  sukulen.

Tahun baru dapat diinisiasi dengan berbagai hobi baru, diantaranya bisa dilakukan dengan merawat sukulen. Selain bentuknya yang relatif lebih menarik dari tanaman pada umumnya, sukulen seringkali ditemukan dalam keadaan bermutasi, mutasi cristata misalnya.



sumber

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x