Mohon tunggu...
Lita Tania
Lita Tania Mohon Tunggu... Student
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Student in Indonesia University of Education

Selanjutnya

Tutup

Bulutangkis

Variasi Bahasa Pada Penyebutan Istilah-Istilah dalam Dunia Olahraga Bulu Tangkis

14 Juli 2020   00:44 Diperbarui: 14 Juli 2020   01:05 17 0 0 Mohon Tunggu...

VARIASI BAHASA PADA PENYEBUTAN ISTILAH-ISTILAH DALAM DUNIA OLAHRAGA BULU TANGKIS DI LINGKUNGAN MAHASISWA UKM BULU TANGKIS UPI

oleh Lita Tania, 1705340, Bahasa dan Sastra Indonesia, UPI.

litania51@gmail.com

ABSTRACT

            This research will discuss about  language variations in terms of badminton, such as badminton equipment, technical official, and  badminton biff technique in the environment of students of UPI. This research aim for describing a form of language variation on mentioning badminton in terms of environment and causative factors of language variations. The object of this research is badminton students of UPI. The analyzing method  is descriptive analysis, which includes qualitative approach, and classification technique. There are two forms of language variations, that is Sundanese language and English language. 

Key Words: Language Variations, Terms of Badminton, Causative Factors of Language Variations, Badminton Students of UPI. 

ABSTRAK 

            Penelitian ini membahas mengenai Variasi Bahasa Pada Penyebutan  Istilah-Istilah dalam Dunia Olahraga Bulu Tangkis, yang meliputi peralatan bulu tangkis, ofisial, serta teknik pukulan dalam bulu tangkis di Lingkungan Mahasiswa UKM Bulu Tangkis UPI. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan wujud variasi bahasa pada penyebutan istilah-istilah bulu tangkis di lingkungan tersebut, serta menggambarkan faktor-faktor penyebab terjadinya variasi bahasa pada penyebutan istilah-istilah bulu tangkis di lingkungan tersebut. Objek penelitian ini adalah mahasiswa UKM bulu tangkis UPI. Metode penganalisisan data dalam penelitian ini menggunakan analisis deksriptif yang didalamnya terdapat pendekatan kualitatif serta teknik klasifikasi data.  Dalam  penelitian ini terdapat dua bentuk variasi bahasa dalam penyebutan istilah-istilah bulu tangkis tersebut yaitu variasi bahasa antara bahasa asing yaitu bahasa Inggris dengan bahasa daerah, yaitu bahasa Sunda.

Kata Kunci:   Variasi Bahasa, Istilah-Istilah dalam Bulu Tangkis, Faktor  Penyebab Variasi Bahasa, Mahasiswa UKM Bulu Tangkis UPI

  • Pendahuluan
  •             Chaer dan Agustina pada bukunya yang berjudul Sosiolinguistik Perkenalan Awal , pada tahun 2004, mengatakan bahwa variasi atau ragam bahasa dapat dilihat sebagai akibat adanya keragaman sosial penutur bahasa dengan keragaman fungsi bahasa lainnya
  •             Pada Jurnal Simbolika/Volume 1/Nomor 1/April  2015, pada halaman 84-92 terdapat sebuah artikel yang berjudul Penggunaan Bahasa dan Variasi Bahasa yang ditulis oleh Waridah yang merupakan staf pengajar FISIPOL di Universitas Medan Area. Artikel tersebut berisikan sebuah penjelasan mengenai perbedaan dalam penggunaan bahasa yang dilihat dari status kedudukan sosial sang penutur.
  •             Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah megkaji mengenai bentuk-bentuk variasi bahasa dalam penyebutan istilah-istilah bulu tangkis, yang meliputi peralatan bulu tangkis, istilah untuk ofisial, dan teknik-teknik pukulan dalam bulu tangkis di lingkungan mahasiswa UKM bulu tangkis  UPI, dan juga mengkaji mengenai faktor-faktor penyebab yang memengaruhi terjadinya variasi bahasa dalam penyebutan istilah-istilah bulu tangkis di lingkungan tersebut.
  • Metode 
  •       Penelitian ini menggunakan metode deksriptif yang didalamnya terdapat pendekatan kualitatif serta klasifikasi. Metode deskriptif dalam penelitian ini berupa metode yang digunakan sebagai prosedur pemecahan masalah yang diselidiki dengan menggambarkan keadaan suatu variasi bahasa dalam penyebutan istilah-istilah bulu tangkis di di lingkungan mahasiswa UKM bulu tangkis UPI dengan membuat klasifikasi  atau pengelompokkan data terlebih dahulu, lalu yang nantinya akan di deskripsikan, digambarkan, atau  dilukiskan secara rinci, faktual, dan akurat .
  •       Metode pendekatan kualitatif dalam penelitian ini yaitu dengan cara mengumpulkan dan merekap data yang bukan dicatat dalam bentuk angka namun penjelasan secara sejelas-jelasnya dan sedalam-dalamnya, lalu mencari data secara langsung di lapangan yang nantinya akan memunculkan teori variasi bahasa. Setelah  itu , data tersebut dikaji dengan menggunakan teori yang sudah ada, yaitu teori Chaer dan Agustina dalam bukunya yang berjudul Sosiolinguistik Perkenalan Awal pada tahun 2004 mengenai variasi atau  ragam bahasa  serta teori yang ada di dalam artikel  jurnal simbolika//volume 1/nomor 1/april 2015, pada halaman 84-92,  yang berjudul Penggunaan Bahasa dan Variasi bahasa yang ditulis oleh Waridah yang merupakan staf  pengajar FISIPOL di Universitas Medan Area.
  •       Klasifikasi data dalam penelitian ini menggunakan klasifikasi data menurut sifat data, yaitu data kualitatif. Data kualitatif ini mengenai penggolongan dalam relasinya terhadap kualitas atau sifat yang ada pada sesuatu. Jika dihubungkan dalam penelitian ini maka klasifikasi data kualitatif ini ialah penggolongan data berdasarkan sifat bahasa tertentu, yaitu bahasa Sunda dan bahasa Inggris.

  • Pembahasan 
  • Raket

BAHASA INGGRIS 

BAHASA SUNDA 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
VIDEO PILIHAN