Mohon tunggu...
Lalita Hutami
Lalita Hutami Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Penerapan Teori Persuasif untuk "Public Service Announcements"

30 Oktober 2017   22:35 Diperbarui: 30 Oktober 2017   22:43 986
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Komunikasi lingkungan juga membahas mengenai penerapan teori persuasif dalam pengembangan pro lingkungan yang efektif. Proenvironmental adalah perilaku yang secara sadar untuk meminimalkan dampak negatif yang ditimbulkan dari tindakan seseorang, pada alam dan lingkungan sekitarnya.

 PSA atau Iklan layanan masyarakat merupakan salah satu jenis periklanan yang bertujuan untuk memberikan informasi  atau merubah perilaku audiens dengan menggunakan media masa. Salah satu iklan layanan masyarakat yang paling fenomenal di amerika sejak 1971 adalah Iron Eyes Cody. Iklan tersebut telah dilihat oleh sekitar 50 juta orang Amerika. Pada tahun 1977, iklan tersebut dinobatkan sebagai salah satu dari 50 iklan teratas sepanjang masa oleh Entertainment Weekly.

Ketika pembuat iklan tidak mempertimbangan prinsip dasar pembuatan PSA, maka iklan tersebut cenderung tidak berhasil. Terdapat 3 hal penting yang harus diperhatikan ketika akan membuat iklan layanan masyarakat. Pertama, mengidentifikasi target audiens. Kedua, mempelajari perilaku dan sikap target. Ketiga, melakukan uji coba iklan kepada khalayak yang lebih kecil untuk melihat bagaimana respon mereka (suka atau tidak).

Berdasarkan penelitian sebelumnya, Mendelsohn ( 1973) menemukan 3 faktor atau syarat yang membuat iklan kemungkinan berhasil jika:

  1. Pembuat iklan berasumsi bahwa sebagian besar penonton cenderung hanya sedikit tertarik dengan pesan tersebut
  2. Menetapkan tujuan di tengah - tengah yang ingin dicapai, misalnya pembuat iklan yakin bahwa dengan pesan yang sederhana akan merubah perilaku
  3. Target penonton diselidiki secara menyeluruh

Atkin dan Freimuth (1989) memberikan panduan langkah-langkah untuk mengevaluasi suatu kampanye. Pertama - tama dengan  menganalisis audiens, bagaimana perilaku dan sikap audiens, setelah itu melakukan eksekusi selama iklan disiarkan dan setelah disiarkan. 

Secara garis besar ada 2 langkah utama dalam pembuatan iklan layanan masyarakat, yaitu tahap pra produksi dan pra testing. Pada tahap praproduksi ahli strategi mencoba untuk menemukan sebanyak mungkin tentang target audiens, sebelum menentukan tujuan, menyusun strategi, dan mencocokkan pesan dengan audiens. Sedangkan pada tahap pra testing, sebelum iklan dianggap final, iklan tersebut ditest terlebih dahulu dengan target audiens yang telah ditentukan.

McGuire (1989) memberikan panduan untuk menciptakan ILM yang efektif. Dia menggambarkan bagaimana teori struktur dan motivasi seseorang dapat mempengaruhi respon orang tersebut terhadap pesan persuasif. Terdapat matriks input dan output yang diformulasikan untuk memahami variabel komunikasi (input) dan langkah respon (output).

 Variabel matriks (input) yaitu, sumber (usia, jenis kelamin, sosial ekonomi, status, etnis, kredibilitas, dan daya tarik), faktor pesan (gaya penampilan, pengulangan, kecepatan bicara, dan kejelasan), faktor channel (radio, televisi, koran, serta media lain), faktor penerima (umur, pendidikan, jenis kelamin, gaya hidup), dan perilaku pembaca atau penonton yang menjadi tujuan komunikasi.

Daftar Pustaka

Bator, R. J. dan R. B. Cialdini. (2000). The Application of Persuasion Theory to the Development of Effective Proenvironmental Public Service Announcements.Journal of Social Issues 56(3): 527-541.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun