Mohon tunggu...
Listyaningrum
Listyaningrum Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Berkuliah di UIN Walisongo Semarang program studi teknologi informasi, punya hobi menulis fiksi dan mendengarkan musik

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

KKN UIN Walisongo, Hidupkan Hari Anak dengan Penuh Semangat

19 Agustus 2022   21:30 Diperbarui: 19 Agustus 2022   21:35 34 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Bertempat di sebuah desa di kaki gunung Sindoro dan Sumbing, tepatnya di Dusun Tanduran, Desa Caturanom, Kecamatan Parakan, Temanggung, KKN MIT 14 UIN Walisongo Kelompok 3 mendirikan posko. Lingkungan yang lumayan padat oleh penduduk dengan jumlah anak - anak yang hampir ada 200 orang. Hal tersebut sangat menunjang beberapa program kerja KKN yang sasarannya anak - anak seperti bimbingan belajar dan mengaji. 

Tepatnya pada tanggal 23 Juli 2022, jatuh sebagai hari anak nasional dengan slogan "Anak Terlindungi, Indonesia Maju." Para mahasiswa KKN MIT kemudian berinisiatif untuk menghidupkan hari anak sebagai hari yang penuh akan kenangan yang hanya jatuh setahun sekali. Dengan mengadakan lomba dan jalan sehat bersama anak - anak Tanduran di hari Minggu tanggal 24 Juli 2022.

Sekitar pukul 8 pagi, anak - anak Dusun Tanduran sudah mulai berkumpul dan berbaris untuk mulai jalan sehat bersama memutari Dusun Tanduran. 

Kemudian pukul 9 pagi, panitia acara Hari Anak Nasional yang merupakan mahasiswa KKN MIT 14 Kelompok 3, mulai menyiapkan keperluan untuk lomba yang berjumlah 7 lomba yang terdiri dari lomba makan kerupuk, lomba memasukkan pensil ke dalam botol, lomba balap karung, lomba pukul air, lomba estafet tepung, lomba estafet karet dan lomba estafet sarung.

Lomba berlangsung meriah dan ramai di area Balai Desa Caturanom dan berlangsung hingga sore hari. Setiap lomba diambil juara satu hingga tiga. Lomba estafet dilakukan dalam bentuk grup yang terdiri atas lima anak. Begitupun antusias mahasiswa KKN dalam merayakan hari anak bersama anak - anak di Dusun Tanduran membuat hari itu sebagai salah satu hari yang bisa dikenang oleh mahasiwa KKN selama kegiatan KKN berlangsung.

Acara perayaan hari anak nasional juga disambut positif oleh beberapa perangkat desa dan warga sekitar. Mahasiswa KKN mampu menghidupkan hari anak yang sebelumnya terkesan biasa saja kini disambut meriah dengan acara jalan sehat dan lomba - lomba meriah. Kegiatan tersebut juga menjadi program kerja besar dari KKN MIT 14 UIN Walisongo Kelompok 3 yang dianggap sukses dijalankan. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan