Listhia H Rahman
Listhia H Rahman pelajar/mahasiswa

❤ Student at Postgraduate Program of Public Health (Nutrition), Faculty of Medicine, Universitas Gadjah Mada ❤ Bachelor of Nutrition Science, Faculty of Medicine, Diponegoro University ❤ "Kalau tidak membaca, bisa menulis apa" ❤ listhiahr@gmail.com❤

Selanjutnya

Tutup

Cerita Ramlan Pilihan

Ide-ide Kreatif Sambut Lebaran Agar Makin Meriah, Kamu Juga Bisa Coba!

13 Juni 2018   22:14 Diperbarui: 13 Juni 2018   22:51 471 1 0
Ide-ide Kreatif Sambut Lebaran Agar Makin Meriah, Kamu Juga Bisa Coba!
ilustrasi I https://www.istockphoto.com

Lebaran sebentar lagi,seberapa jauh kau telah siap menyambutnya?

Tidak terasa hanya tinggal hitungan hari, hari kemenangan akan menyambut umat Muslim di seluruh dunia. Hari kemenangan sebagai tanda usai kewajiban kita, setelah hampir sebulan penuh menjalani ibadah puasa, menahan hawa nafsu dan hal-hal yang membatalkannya. Hari kemenangan itu juga dikenal dengan Hari Raya Idul Fitri dan sering familiar disebut dengan Lebaran.

Tentu, ada rasa sedih karena harus meninggalkan bulan penuh ampunan bernama Ramadan. Namun, disisi lain Idul Fitri dapat dikatakan juga sebagai puncak pelaksanaan puasa itu sendiri, yang berkaitan erat dengan tujuan puasa yaitu menjadi manusia yang bertaqwa. Sebagai selayaknya sebuah perayaan,  Hari Raya Idul Fitri pantas disambut dengan perasaan suka cita, apalagi kedatangannya pun hanya setahun sekali.

Walaupun Idul Fitri dapat pula dimaknai umat Islam untuk kembali berbuka atau makan, merayakannya tidak hanya soal makanan saja,lho. Berikut ide-ide kreatif yang barangkali bisa menjadi inspirasimu untuk menyambut Lebaran yang bisa kamu coba. Tidak perlu susah-susah apalagi mahal, semua bahan yang diperlukan bisa kamu dapatkan di rumah!

Coba percantik dinding rumahmu dengan bunting flag edisi lebaran

Bunting flag apa sih? Bunting flag adalah potongan huruf dari kertas yang disusun-susun. Mungkin kamu sudah sering menemukannya di acara ulang tahun, tetapi hiasan ini juga cocok lho untuk menambah semaraknya lebaran di rumahmu.

ilustrasi | pinterest.com
ilustrasi | pinterest.com
Cara untuk membuatnya pun tidak cukup sulit. Kamu hanya membutuhkan kertas -kalau mau lebih menarik gunakan yang berwarna-, gunting, punch holder (pembolong kertas), lem atau selotip dan benang atau pita. Selain bisa kamu kreasikan dengan tulisan tanganmu sendiri, hari ini kamu juga dimudahkan dengan adanya mesin pencarian seperti google. Disana kamu bisa mencari desain bunting flag secara gratis dan printable atau tinggal di print! Bisa lihat disini.

Selain susunan huruf, dekorasi yang berhubungan lebaran seperti masjid dan lampu-lampu juga bisa kamu buat untuk membuat dinding rumah makin meriah. Bisa buat foto-foto deh! Nggak mau ribet, cek sini.

ilustrasi | pinterest.com
ilustrasi | pinterest.com

Agar fotomu tidak biasa, buat saja properti fotomu sendiri!

Di momen lebaran, tak lengkap jika tidak mengabadikannya dengan berfoto-foto. Apalagi pada saat lebaran, banyak saudara yang lama tak jumpa jadi berdatangan. Beraksi di depan kamera sepertinya sudah menjadi sebuah keharusan, ya gais?

Nah, agar fotomu makin menggemaskan dan tak terlupa, kenapa tidak menyiapkan properti untuk berfoto nanti? Tidak perlu membeli kamu juga bisa membuat sendiri, do it yourself! Siapkan saja kertas, lem atau selotip dan stik kayu.

ilustrasi | https://www.catchmyparty.com
ilustrasi | https://www.catchmyparty.com

Inspirasi amplop lucu ini pasti menambah kesenangan yang mendapatkannya,deh.

ilustrasi | pinterest.com
ilustrasi | pinterest.com
Masih belum punya amplop untuk dibagi-bagi saat lebaran nanti? Tenang, tidak harus membeli kamu juga bisa membuatnya dengan tangan sendiri. Memang kalau dipikir-pikir kurang praktis, tetapi kalau kamu bisa membuatnya sendiri pasti akan ada kepuasan yang tidak bisa tergambarkan. Apalagi kalau ampolp yang kamu buat tidak biasa, kesenangan tidak hanya untukmu saja juga siapa yang mendapatkannya nanti! Seperti dibawah ini, lucu ya.

ilustrasi | pinterest.com
ilustrasi | pinterest.com

Memaknai lebaran dengan bermain warna, ponakanmu pasti suka!

ilustrasi | http://www.wallpaper2018.org
ilustrasi | http://www.wallpaper2018.org
Bingung aktivitas apa yang bisa kamu lakukan untuk menyambut lebaran? Jika kamu masih mempunyai adik yang masih kecil atau ponakan yang unyu, bermain warna atau mewarnai juga bisa kamu lakukan. Siapkan saja pensil warna dan gambar-gambar bernuansa lebaran seperti gambar masjid atau orang sedang bersalaman. Selain memainkan warna, kamu juga bisa sembari mengajarkan adik-adikmu makna lebaran melalui gambar yang kamu berikan. Lagi-lagi tidak perlu membeli, cetak sendiri di rumah juga bisa.  Contoh disini.

Mudah?

Yuk dekatkan semua bahan yang diperlukan. Mumpung besok masih ada waktu untuk mempersiapkan lebaran. Yeeeay!

Selamat menyambut lebaran, kompasianer sekalian! 

Salam,

Listhia H Rahman