Mohon tunggu...
Listhia H. Rahman
Listhia H. Rahman Mohon Tunggu... Ahli Gizi

❤ Master of Public Health (Nutrition), Faculty of Medicine Pulic Health dan Nursing (FKKMK), Universitas Gadjah Mada ❤ Bachelor of Nutrition Science, Faculty of Medicine, Diponegoro University ❤ "Kalau tidak membaca, bisa menulis apa" ❤ listhiahr@gmail.com❤

Selanjutnya

Tutup

Kuliner Artikel Utama

Kalau Wanita Lagi PMS, Laki-laki Tolong Mengertilah

18 Januari 2015   02:22 Diperbarui: 17 Juni 2015   12:55 2150 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kalau Wanita Lagi PMS, Laki-laki Tolong Mengertilah
14215811141932258865

[caption id="attachment_391574" align="aligncenter" width="600" caption="Lagi PMS, mengertilah, wahai laki-laki (tabloidnova.com)"][/caption]

Terlahir menjadi seorang wanita, patut disyukuri. Karena menjalani hidup sebagai wanita ternyata tak mudah. Kok bisa? Dalam prosesnya menjadi seorang wanita, wanita akan menghadapi beberapa kejadian yang tidak akan dialami oleh pria. Apakah itu? Yup, ke datangan tamu tiap bulan (menstruasi) dan melahirkan keturunan.  Mungkin hal inilah yang menjadikan wanita itu makhluk spesial. Setuju? Setuju-in aja biar cepet. Nah, kali ini yang akan dibicarakan akan sangat bermanfaat bukan hanya bagi si wanita tapi bagi laki-laki yang ingin  menjadi laki-laki yang pengertian. Ciee.

Mungkin laki-laki kadang menganggap wanita itu labil dalam hal emosi. Ya, memang kenyataan wanita rentan soal emosi. Bukan tanpa alasan, meski terkadang sering menemui skenario seperti dibawah ini :

Cowok: Kamu kenapa kok tiba-tiba sedih/cemberut/marah/diem/bahagia tiba-tiba?

Cewek : ehmm , engga papa kok.

[caption id="" align="aligncenter" width="600" caption="http://sapiperjaka.com/ wanita PMS dimata laki-laki"]

http://sapiperjaka.com/ wanita PMS dimata laki-laki
http://sapiperjaka.com/ wanita PMS dimata laki-laki
[/caption]

Sesungguhnya dalam “ehm engga papa kok” ada yang terjadi pada diri wanita. Apalagi menjelang si datang bulan datang mengetok pintunya. Oya, Bukan cuma kaum laki-laki loh yang jadi bingung, karena kadang wanita sendiri merasa bingung juga. Dan dalam hatinya pun bertanya-tanya : Kenapa aku begitu ya? Setelah membaca tulisan ini, semoga tak terjadi lagi kebingungan antara kedua pihak baik laki-laki maupun wanita. Karena sesungguhnya, keadaan wanita itu bisa punya alasan.

Seperti yang telah dijelaskan diawal, wanita itu memang terlahir spesial. Dan salah satunya adalah karena wanita mengalami menstruasi atau lebih dikenal dengan istilah datang bulan. Ketika wanita tiba-tiba menjadi misuh-misuh tanpa alasan, emosinya tidak stabil kadang bisa bahagia tapi beberapa menit bisa menangis, atau nafsu makan yang tiba-tiba tidak terkendalikan.   `  Bisa jadi itu adalah tanda-tanda akan ada tamu yang datang atau bisa disebut dengan istilah Sindrom Pra-menstruasi (PMS). Pernah denger ?

[caption id="attachment_346750" align="aligncenter" width="630" caption="http://www.funnyjunk.com/perubahan emosi yang signifikan dan berfluktuasi "]

14214934392091913856
14214934392091913856
[/caption]

Agar wanita dan laki-laki bisa saling mengerti , tidak saling menyalahkan dan tidak menimbulkan kebingungan lagi, yuk dibahas lebih detail.

Apa sih Sindrom Pra-Mensturasi atau PMS  itu?

Sindrom ini merupakan kumpulan gejala fisik, psikologi dan emosi yang terkait dengan menstruasi (perdarahan periodik pada ovarium yang dimulai sekitar 14 hari setelah ovulasi/pelepasan sel telur).

Kenapa dan kapan bisa terjadi?

Memang sih penyebab yang pasti dari sindrom pre menstruasi ini belum diketahui. Namun dapat dimungkinkan berhubungan dengan faktor-faktor hormonal, genetik, sosial, perilaku, biologi dan psikis. Nah adanya perubahan hormonal  yang berhubungan dengan siklus saat ovulasi dan menstruasi yaitu estrogen dan progesteron bisa jadi yang paling dominan. Gejala ini biasanya dapat diperkirakan dan biasanya terjadi pada 7-14 hari sebelum menstruasi. Nah, jangan khawati karena PMS ini akan berangsur menghilang dengan keluarnya darah menstruasi. Hal ini pun banyak dialami oleh wanita setiap menghadapi siklus menstruasi.

Bukan Cuma Handphone Ternyata PMS-pun ada tipenya

Menurut gejala PMS dibagi menjadi 4 tipe  yaitu :

-Tipe A (anxiety) biasanya  ditandai dengan gejala seperti rasa cemas, sensitif, saraf tegang, perasaan labil. Delapan puluh persen wanita mengalami ini.

-Tipe H (hyperhydration) memiliki gejala edema (pembengkakan),perut kembung, nyeri pada buah dada, pembengkakan tangan dan kaki, peningkatan berat badan sebelum haid. Sekitar terjadi pada 60 presen wanita.

-Tipe C (craving) ditandai dengan rasa lapar ingin mengkonsumsi  makanan yang manis-manis (biasanya coklat) dan karbohidrat sederhana (biasanya gula) .

- Tipe D (depression)  ditandai dengan gejala rasa depresi, ingin menangis, lemah, gangguan tidur, pelupa, bingung, sulit dalam mengucapkan kata-kata (verbalisasi). Untuk tipe  ini biasanya bersamaan dengan PMS tipe A dan hanya sekitar 3%  dari seluruh tipe PMS benar benar murni tipe D.

Lalu, apa yang bisa lakukan?

[caption id="" align="aligncenter" width="410" caption="kaskus.co.id/ buat laki-laki yang menghadapi cewe PMS, please gak gini juga kali :3"]

kaskus.co.id/ buat laki-laki yang menghadapi cewe PMS, please gak gini juga kali :3
kaskus.co.id/ buat laki-laki yang menghadapi cewe PMS, please gak gini juga kali :3
[/caption]

Mendiamkan wanita saat PMS memang sah-sah saja, karena pada masa ini wanita biasanya seperti singa. #eh akukan wanita? hehe

Beberapa penelitian menunjukkan  bahwa pola makan rendah serat, tinggi gula, rendah magnesium dan kalsium terjadi pada remaja putri yang mengalami sindrom pramenstruasi. Padahal hal ini bisa jadi malah memperparah kodisi PMS. Nah,  disini pola makan cukup penting untuk diperhatikan.

Berikut adalah beberapa rekomendasi zat gizi yang harus  diketahui wanita khususnya dan laki-laki pada umumnya (jika ingin dianggap perhatian dan paham )

1.Serat

Memperbanyak konsumsi serat seperti sayur dan buah ternyata dapat mengurangi keluhan seperti  nyeri perut. Selain itu sayur dan buah juga mengandung vitamin dan mineral.

2.Kalsium

Konsumsi makanan yang mengandung kalisum yang cukup dapat mengurangi keluhan depresi, suasana hati yang tidak stabil , payudara yang terlalu sensitif serta kram perut dan kaki. Sumber kalsium seperti susu nonfat, keju, ikan kering,serelia, kacang-kacangan, tahu, tempe, dan sayuran hijau.

3.Vitamin B6 (Piridoksin)

Piridoksin berperan dalam biosintesis neurotransmitter dan steroid. Salah satu contoh biosintesis steroid adalah serotonin. Kadar yang rendah akan mengakibatkan serotonin terganggung sehingga bisa memacu ovulasi terlalu awal. Oya, serotonin sering dikatakan sebagai hormon kebahagian juga loh. Makanan yang mengandung vitamin B 6 misalnya pisang,alpukat, ikan , bayam.

4.Magnesium

Fakta mengemukakan kadar magnesium dalam sel darah merah dan sel darah putih pada wanita yang mengalami PMS diketahui lebih rendah. Magnesium dapat mengaktifkan senyawa serotonin dan senyawa neurotransmitter  yang berfungsi termasuk regulasi suasana hati, selera makan, tidur, kontraksi otot, dan beberapa fungsi kognitif. Bisa kamu temukan di sayuran hijau, kacang kedelai dan biji-bijian seperti biji bunga matahari.

***

Jadi, bagaimana sudah bisa mengerti wanita kan? Ya, sesungguhnya wanita memang ingin dimengerti walau dirinya sendiri tak mengerti. Oya, kalau lagi PMS jangan belikan cokelat yang gulanya cenderung tinggi tapi belikanlah sayur dan buah.-buahan. Itu Romantis lhoh, karena sepenuhnya paham apa yang sebenarnya wanita butuhkan saat-saat sindrom menyerangnya. hihi. satu lagi, jangan buat stress wanita saat PMS-karena ini akan memperparah kondisinya juga. Nah semoga wanita dan laki-laki bisa saling mengerti ya. Hehe. Pokonya kalau tiba-tiba jadi “singa” ya dihadapi aja, mungkin lagi PMS. Sssttt...

Wanita : Mau menstruasi sakit, Melahirkan juga sakit, masih tega nyakitin hatinya ? #eh

Salam-an,

Listhia H Rahman

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x